Pengembangan Media MoonOptiX sebagai Inovasi Pembelajaran IPA Terintegrasi Materi Fase Bulan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa
Abstract
Abstrak
Seiring perkembangan teknologi dan informasi, pemahaman mendalam tentang fase bulan menjadi bagian penting dalam pembelajaran astronomi. Kesulitan siswa dalam memahami materi menjadi tantangan para pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran. Salah satunya yaitu media pembelajaran 3D bernama MoonOptiX. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran visual interaktif yang lebih efektif dibanding metode konvensional pada umumnya dengan mengintegrasikan teknologi optik dan melibatkan indra penglihatan, yang dapat diaplikasikan pada pembelajaran konsep fase bulan. Metode Research and development diterapkan melalui pengembangan alat peraga media pembelajaran MoonOptiX. Prosedur penelitian menggunakan teknik kuesioner dengan analisis data model ADDIE. Berdasarkan hasil validasi ahli media pembelajaran menunjukkan tingkat rata-rata dari tiga validator sebesar 92,78% memiliki kriteria sangat valid. Hasil uji efektifitas media setelah disimulasikan terhadap siswa melalui kuesioner yang berisi soal latihan, didapatkan dari materi indra penglihatan sebanyak 95,96%, materi fase bulan sebanyak 92,37%, dan terendah pada alat optik cermin sebanyak 82,83%. Dari persentase tersebut didapatkan hasil rata-rata efektifitas 90,38% yang termasuk dalam kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan hasil yang didapatkan setelah penelitian, MoonOptiX efektif sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa SD/MI kelas VI, dalam mengintegrasikan materi fase bulan, alat optik, dan indera penglihatan.
Kata kunci: Fase bulan, media pembelajaran 3D, MoonOptiX, , research and development
Abstract
Along with the development of technology and information, an in-depth understanding of the phases of the moon is an important part of learning astronomy. The difficulty of students in understanding the material is a challenge for educators to develop learning media. One of them is a 3D learning media called MoonOptiX. This research aims to develop interactive visual learning media that is more effective than conventional methods in general by integrating optical technology and involving the sense of sight, which can be applied to learning the concept of the moon phase. Research and development method was applied through the development of MoonOptiX learning media props. The research procedure uses a questionnaire technique with ADDIE model data analysis. Based on the results of learning media expert validation, the average level of the three validators is 92.78%, which has very valid criteria. The results of the media effectiveness test after being simulated on students through a questionnaire containing practice questions, obtained from the material of the sense of sight as much as 95.96%, the material of the moon phase as much as 92.37%, and the lowest on the optical mirror tool as much as 82.83%. From these percentages, the average effectiveness result is 90.38% which is included in the “Very Effective” category. Based on the results obtained after the research, MoonOptiX is effective as a science learning media for grade VI SD / MI students, in integrating the material of the moon phase, optical devices, and the sense of sight.
Keywords: 3D learning media, MoonOptiX, Phases of the moon, research and development
References
Adipraja, A. (2016). Pengembangan Modul Belajar Astronomi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas(SMA/MA) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing.
Ali, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajran Kontruktivisme dan Sikap Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan da Pembelajaran, 5(1), 68–77. https://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v5i1.7475
Alsyabri, A. W. (2021). Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.37859/jeits.v3i1.2602
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696
Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Memasuki Abad 21. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(2), 185–196. https://doi.org/10.35706/judika.v4i2.391
Cahyani, A. F. F., & Rahma, F. A. (2024). Pemanfaatan Stellarium dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Sempu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2426–2436. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13653
Ermailis, E. (2023). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Irisan Bidang Dengan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IX MTsN 4 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 9(2), 192–208. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i2.474
Hanum, N. E., Husain, M. S., & Lugis, M. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Fase-Fase Bulan Berbasis Animasi. PARATIWI: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.26858/p.v3i2.46886
Kamsina, K. (2020). INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i2.7103
Latip, A. (2022). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108
Liliawati, W., & Herdiwijaya, D. (2011). Analisis Kebutuhan Astronomi Terintegrasi Berbasis Kecerdasan Majemuk (TKM) untuk Membekalkan Literasi Astronomi (Prosidings Seminar Himpunan Astronomi Indonesia). HAI Pustaka. https://karya.brin.go.id/id/eprint/20696/
Mumtahanah, Nurotun. (2014). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 91–104.
Ningtyas, A. W., Aulia, A. S., & Rahmadhani, P. A. (2022). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP Kelas 8 sebagai Landasan Ketercapaian Pembelajaran IPA. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 243. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.12708
Rohmatulloh, G., Siregar, N. F., & Widodo, A. (2022). Inovasi Media Pembelajaran 3 Dimensi Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Biologi. 08(04).
Rossa, R., & Kurnia Sapitri, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Model Inquiry Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 5(1). https://doi.org/10.59701/pdk.v5i1.213
Ruslan, Z. A., & Hamid, M. G. (2024). Meta Analisis: Pengaruh Berbagai Jenis Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 7(1), 62. https://doi.org/10.31602/dl.v7i1.14212
Salamah, A. N., Warmi’anah, W., & Setiawan, A. M. (2023). PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA KELAS VII-D SMP NEGERI 1 GEDANGAN. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 178–184. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.178-184
Shirajuddin, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI TATA SURYA DI SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Review and Research, 5(1), 70. https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3283
Sumarsih, S. (2009). Implementasi Teori Pembelajaran Krontruktivistik dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1), 54–62. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.945
Surif, J., Ibrahim, N., & Arshad, M. (2007). Visualisasi dalam pendidikan sains: Ke arah pengajaran dan pembelajaran yang berkesan. Jurnal Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia, 26–40.
Usa, S. L., & Samil, S. N. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Visual untuk Memahami Konsep Bangun Ruang pada Siswa SMP Negeri 4 Baubau. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1575–1581. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.612
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793
Zuraini, Z., Nofriati, E., & Hayati, R. (2024). Optimalisasi Model-Model Pembelajaran pada Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Menghadapi Era Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6047–6051. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4624