LEAVS (Aplearedu with Audio Visual): Pembelajaran Berbasis 3 Human Senses untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA TERPADU Selama Pandemi COVID-19

  • Lyca Rahmawati Wakhidah IAIN Ponorogo
  • Rahmi Faradisya Ekapti IAIN Ponorogo
Keywords: Peta Konsep, Video, LEAVS

Abstract

Munculnya pandemi Covid 19 telah mengubah berbagai tatanan aspek dalam kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang berdampak paling besar di Indonesia. Masalah yang timbul dalam pendidikan salah satunya ialah dalam sistem pembelajarannya. Terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh peserta didik diantaranya adalah semangat belajar peserta didik pada proses pembelajaran sangat rendah, peserta didik diberikan penugasan terlalu banyak dengan hanya diberikan waktu yang singkat. Dengan munculnya beberapa masalah tersebut muncul sebuah inovasi yakni penggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran dan juga pembuatan peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPA Terpadu dengan menggunakan video sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menyebar angket yang dibagikan kepada peserta didik yang mengikuti pembelajaran daring. Pengaruh signifikansi pada penggunaan video pembelajaran dan juga pembuatan peta konsep terhadap pembelajaran IPA Terpadu secara daring dapat dilihat dari nilai atau hasil hipotesis dengan RHitung > RTabel  dengan nilai RHitung sebesar 0,4296 yang menyatakan H0 diterima atau H1 ditolak sehingga bisa disebut signifikan. Dengan diterapkannya atau digunakannya video pembelajaran dan pembuatan peta konsep diharapkan meningkatkan semangat belajar peserta didik melalui kreativitas yang peserta didik ciptakan, meningkatkan kenyamanan belajar bagi peserta didik, memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari, membantu peserta didik berpikir lebih dalam, dalam menuangkan idenya.

References

Agustiningsih. (2013). “ Video ” sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Agustiningsih 8. 4, 55–68.

Amalia, R. U., Isnaeni, B., & Hanafi, Y. (2020). Analisis kendala peserta didik dalam pembelajaran online materi biologi di SMP Negeri 3 Bantul. Jurnal Bio Educatio, 5(2), 10–15.

Astuti, R. N. (2009). Peta Konsep Pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Rasional Siswa SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1).

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri--Cikarang Barat--Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana Media.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.

John W. Creswell. (2016). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Pustaka Pelajar.

Labibah, R. M., & Ernawati, T. (2017). Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. NATURAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 19–25.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.

Permendikbud No. 67 Th. 2013

Pratiwi, L. (2015). Penggunaan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Sekolah Dasar. SEMINAR NASIONAL PGSD 2015.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 286–291.

Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.

Sadikin, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19.

Sudrajat, T., Komarudin, O., Zaqiah, Q. Y., & others. (2020). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 339–347.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD). Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371–381.

Yuan, I., & Ms, A. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Jurnal Pendidikan, 2(1), 263–275.

Yudi, S. (2011). Pemanfaatan Peta Konsep (Concept Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Indeks Harga dan Inflasi. Skripsi Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah., 27.

Published
2022-03-31
Section
Articles