Pengaruh Model Sains Teknologi Masyarakat dan Pendekatan ESD dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan
Abstract
Pembelajaran saat ini menuntut siswa untuk lebih aktif, tidak hanya melibatkan pengetahuan yang dibuku materi saja, tetapi membutuhkan pengetahuan luas dari permasalahan lingkungan. Sehingga, memiliki keterampilan untuk menyelesaikan masalah lingkungan agar mencapai kehidupan mendatang yang lebih baik sehingga siswa perlu memiliki kepedulian lingkungan yang tinggi. Dengan demikian, diperlukan strategi model serta pendekatan dalam pembelajaran yang efektif untuk diterapkan adalah pembelajaran berbasis sains teknologi masyarakat dan Science- Education. Karena pembelajaran IPA dan lingkungan saling berhubungan, sehingga penting dilakukan pendekatan dengan focus penelitian kepedulian lingkungan. Tujuan penelitian ini yakni dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran STM dengan pendekatan ESD dalam meningkatkan kepedulian lingkungan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian ekperimen randomize pretest posttest control grup desain, untuk teknik analisa data menggunakan uji normalitas dan uji Mann-Whitney serta uji N-gain. Hasil penelitian ini dengan uji normalitas shapiro-link sebesar 0,011<0,05 dan hasil rata rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 44 dan rata- rata nilai post tes kelas eksperimen sebesar 69. Rata- rata nilai N-gain skor nilai post tes kelas yang menggunakan model pembelajaran STM sebesar 48,4 dengan kategori peningkatan sedang sedang, sedangkan kelas yang menggunakan metode konvensional mendapat rata- rata nilai uji N-gain skor sebesar -4,48 dan berinterpretasi mengalami penurunan, hasil minus yang diperoleh ini disebabkan nilai pretest yang lebih besar dari nilai posttest dengan nilai signifikansi uji Mann-Whitney rata-rata nilai N-gain adalah 0,000<0,05. Sehingga, dinyatakan model pembelajaran STM dengan pendekatan ESD dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan.
References
Agustini, D., & Suardana, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA di Mts. Negeri Patas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1833
Ati, S. (2015). Analisis literasi informasi pemakai taman bacaan masyarakat. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 3(1), 89. https://doi.org/10.24198/jkip.v3i1.9492
Ermi, N. (2015). Penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar materi perubahan sosial pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Sorot, 10(2), 155. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.3212
Hadawiyah, R., Adnayana, P. B., & Warpala, I. W. S. (2019). Pembelajaran IPA terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan kelas VII di SMP Negeri 3. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(2), 52–61.
Hidayati, K. (2020). Comparison of science learning outcome between using and do not using picture media on state islamic elementary students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity, 1(1), 69–77.
Kopnina, H. (2012). Education for sustainable development (ESD): The turn away from “environment” in environmental education? Environmental Education Research, 18(5), 699–717. https://doi.org/10.1080/13504622.2012.658028
Kresnawati, N. (2014). Korelasi kualitas pembelajaran geografi dan hasil belajar terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(3), 298–303.
Meilina. (2012). Peningkatan sikap peduli lingkungan melalui implementasi model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV MI Muhammadiyah Tangkit Batu Natar. repository UIN Raden Intan Lampung
Mohanty, A., & Dash, D. (2018). Education for sustainable development: A conceptual model of sustainable education for India. International Journal of Development and Sustainability, 7(9), 2242–2255.
Panjaitan, R. L., & Kurnia, D. (2016). Pengaruh model sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi peristiwa alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 831–840. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3575
Pradana, D. A. (2020). Pengaruh model pembelajaran teams games and tournament (TGT) berbasis out door study terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA DI MTs Negeri 3 Pacitan. electronic theses IAIN Ponorogo
Riastuti, R. D. (2015). Penerapan pendekatan sains teknologi lingkungan masyarakat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi di SMAN 1 Kota Padang. Journal Bioedukatika, 3(2), 30–38.
Smarabawa, I., Arnyana, I. B., & Setiawan, I. (2013). Masyarakat terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3.
Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis pengaruh penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226
Trinova, Z. (2013). Pembelajaran berbasis student-centered learning pada materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ta’lim, Volume 1, 324–335.
Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225.
Yalvema, M. (2012). Penggunaan pendekatan sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 01 Baringin Anam Baso Kabupaten Agam. Repository Universitas Negeri Padang
Yanti, Y., Yusliani, E., Studi, P., Pendidikan, M., & Pascasarjana, F. (2020). Meta-Analisis : pengaruh integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran IPA terhadap sikap peduli lingkungan siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6 (1). 9-16. https://doi.org/10.24036/jppf.v6i1.108590
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.