Persepsi Mahasiswa Indonesia dan Malaysia tentang Penerapan Augmented Reality pada Pembelajaran: Studi Pendahuluan

  • Rahmi Faradisya Ekapti IAIN Ponorogo
  • Marzni Mohamed Mokhtar Universiti Putra Malaysia
Keywords: Persepsi Mahasiswa, Augmented Reality, Sosiosaintifik

Abstract

Digitalisasi dalam pembelajaran diyakini mampu mendukung era globalisasi dengan melatih kemampuan berpikir mahasiswa melalui media digital pembelajaran tiga dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penerapan media digital pembelajaran tiga dimensi berbasis augmented reality. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode survei dengan teknik angket untuk menjaring persepsi mahasiswa dengan Google form. Penelitian ini dilakukan terhadap perwakilan mahasiswa di dua negara, Indonesia dan Malaysia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa begitu tertarik ketika proses pembelajaran menggunakan media digital seperti augmented reality dengan persentase lebih dari 50%. Hal ini bisa disimpulkan bahwa perlu dikembangkan dan disosialisasikan lebih lanjut ke dua negara bahwa augmented reality sangat penting dalam pembelajaran khususnya topik sosiosaintifik. Topik sosiosantifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang  biasanya dalam penjelasan materinya membutuhkan simulasi tiga dimensi sehingga kedepannya sangat cocok mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality.

References

Andayani, Y. (2018). Harapan dan tantangan implementasi pembelajaran ipa dalam konteks kompetensi keterampilan abad 21 di sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10958

Andriani, M. W., & Ramadani, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Sekolah Dasar. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/3849

Anggraini, Y., & Sunaryantiningsih, I. (2018). Pengembangan media pembelajaran pengukuran listrik berbasis “augmented reality” pada mahasiswa teknik elektro unipma. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 3(1), 37–41.

Elmunsyah, H., & Kustono, D. (2022). Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Efektivitas Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) Pada Perangkat Seluler dalam industri Arsitektur dan Jasa Konstruksi. Edu Komputika Journal, 9(1), 44–52.

Firdanu, R., Achmadi, S., & Wibowo, S. A. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282.

Ghofur, A., & Raharjo, N. R. B. (2018). Peningkatan kemampuan berfikir kritis mahasiswa melalui pendekatan 5E dan SETS berbantu aplikasi media sosial. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(2), 102–112.

Gonzalez Vargas, J. C., Fabregat, R., Carrillo-Ramos, A., & Jové, T. (2020). Survey: Using augmented reality to improve learning motivation in cultural heritage studies. Applied Sciences, 10(3), 897.

Khansa, S. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Listrik Statis Di SMP Negeri 1 Peukan Baro [PhD Thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26570/

Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented reality: Solusi pembelajaran ipa di era revolusi industri 4.0. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 19–26.

Muhammad Rusli, M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=xwMOEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Lebih+lanjut+Mahasiswa+menyampaikan+bahwa+guru+dapat+menjadikan+media+pembelajaran+yang+interaktif+menyenangkan+dan+mudah+digunakan+serta+sebagai+pendamping+modul+pembelajaran+yang+belum+ada+di+sekolah+dalam+bentuk+virtual+atau+maya&ots=OYRnyT6tKo&sig=O2VbKTyRbZq2irDpV-HNNyxZ4Qc

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Development of Augmented Reality-Based Learning Media. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48.

Niqotaini, Z. (2021). Analisis Penerimaan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Dengan Menggunakan Model Utaut-2 (Studi Kasus: Smp Dan Sma Mutiara Bunda Bandung). Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(1), 4–8.

Oktavia, R. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Pembelajaran Biologi Di SMA 1 Pante Ceureumen Aceh Barat. Jurnal Bionatural, 9(2). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/135/129

Pamungkas, W. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbantuan aplikasi berbasis augmented reality pada larutan elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu-isu sosiosaintifik [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/268302/

Permatasari, D. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran aplikasi berbasis augmented reality pada materi elektrolit dan non elektrolit berkonteks isu sosiosaintifik [PhD Thesis, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/259093/

Qorimah, E. N., Laksono, W. C., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Rantai Makanan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 57–63.

Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Cakrawala Pendidikan, 1, 57–69.

Rahmansyah, R. A. (2017). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komputer dengan Augmented Reality pada sub pokok bahasan tata surya [PhD Thesis]. Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: Quantitative research approach. Deepublish.

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37330

Sugiyono, D. (2013a). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, D. (2013b). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Surya, P. M., & Rizal, A. M. (2022). Digitalisasi Pembelajaran Berbasis 3D Augmented reality Genset 2000 kVA dan Audio Visual Untuk Menunjang Pembelajaran Praktik di Prodi Teknologi Bandar Udara. Airman: Jurnal Teknik Dan Keselamatan Transportasi, 5(2), 78–86.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-yqHAwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=video+pembelajaran+dapat+digunakan+untuk+melengkapi+pengalaman+dasar+Mahasiswa+dalam+membaca,+berdiskusi+dan+praktek+selain+itu+dengan+media+video+jika+ada+Mahasiswa+yang+kurang+memahami+materi+dapat+memutar+video+tersebut+berulang+kali+sehingga+memudahkan+agar+Mahasiswa+dapat+memahami+pelajarannya&ots=ElNjWCpp18&sig=4XIeeD-OaUqq2Idfx6yo-qQMKMY

Zahara, M., Abdurrahman, A., Herlina, K., Widyanti, R., & Agustiana, L. (2021). Teachers’ perceptions of 3D technology-integrated student worksheet on magnetic field material: A preliminary research on augmented reality in STEM learning. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012083.

Published
2023-11-30
Section
Articles