Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik

  • Anita Septariani Isnain IAIN Ponorogo
  • Edi Irawan IAIN Ponorogo
  • Rahmi Faradisya Ekapti IAIN Ponorogo
  • Ulinnuha Nur Faizah IAIN Ponorogo
Keywords: Discovery-Inquiry; Mind Mapping; Kemampuan berpikir rasional ;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan model pembelajaran discovery-inquiry berbantuan mind mapping di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, 2) apakah kemampuan berpikir rasional peserta didik kelas VII menggunakan model pembelajaran discovery-inquiry berbantuan mind mapping lebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi pencemaran lingkungan di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII C (kelas kontrol) dan VII D (kelas eksperimen) yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis (pre test dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery-inquiry berbantuan mind mapping dapat terlaksana secara baik serta model pembelajaran discovery inquiry berbantuan mind mapping mampu meningkatkan kemampuan berpikir rasional peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir rasional peserta pada kelas eksperimen lebih baik daripada peserta didik pada kelas kontrol.

References

Afni, N., & Rokhimawan, M. A. (2018). Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 47–68. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.129

Anjarsari, P. (2014). Literasi Sains Dalam Kurikulum Dan Pembelajaran IPA SMP. Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”, 602–607.

Budiono, E., Dwiastuti, S., & Maya Probosari, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(3), 73–80.

Hendrayana, S. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat Pada Konsep Sumber Daya Alam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 73–79. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Irawan, E. (2014). Pengantar Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Lutvia, A., & Yuliati, L. (2019). Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Model Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1154–1161.

Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48. https://doi.org/10.33557/jtekno.v16i1.623

Nauli, H., Bistari, & Hamdani. (n.d.). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Lingkaran Di SMP. 1–12.

Nugraha, M. G., Kirana, K. H., & Saepuzaman, D. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 3(Juni), 43–47.

Nurachma, D. E., & Irawan, E. (2020). Effectiveness of Blended Learning Based on Constructive Feedback in Improving Rational Thinking Ability of Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 34–44.

Nurizka, A., Sukaryawan, M., & Lesmini, B. (2016). Pengaruh Model Discovery-Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Kelas X Sma It Raudhatul Ulum , Sakatiga. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 147–158.

Pratiwi, N., & Januardi. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Rasional Mahasiswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Dengan Variabel Moderator Kemandirian Belajar. Jurnal Neraca, 2(2), 23–39. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Purnomo, B. (2015). Penerapan Metode Pengajaran Discovery – Inquiry Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII-1 MTS. ANNAJAH (Vol. 53, Issue 9).

Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.54

Ridwan, L. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Se-Kota Jayapura Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 43–51.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tarmidzi, T. (2019). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran Dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.33603/.v1i2.2504

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program, 4(2).

Widiyana, D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, And Satisfaction) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar KKPI Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pedan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zulva, R. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Rasional Siswa SMA dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Constructive Feedback. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.106

Zuwariyah, S., & Irawan, E. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 68–72.

Published
2021-11-27
Section
Articles