Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Socioscientific Issues SSI untuk Meningkatkan Rasa Empati Kognitif Peserta Didik
Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan merupakan proses mempengaruhi peserta didik agar dapat menyesuaikan dan beradaptasi terhadap lingkungan agar dapat menimbulkan perubahan yang terjadi di dalam dirinya terhadap lingkungan sekitar. Melalui pembelajaran IPA dengan berfokus pada pendekatan empati kognitif peserta didik dapat memberikan pemahaman dan kesadaran siswa dalam meningkatkan karakter yang melekat di dalam jiwa siswa guna meningkatkan rasa kepedulian pada dirinya, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran group investigation dengan pendekatan socioscientific issues untuk meningkatkan rasa empati kognitif peserta didik di kelas VII MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode analisis data secara kuantitatif yang melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo yang terdiri dari tiga kelas kemudian dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran, instrumen kuesioner dan instrumen tes. Berdasarkan perolehan data yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa. penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pendekatan socioscientific issues cukup efektif dalam meningkatkan rasa empati kognitif peserta didik. Hal tersebut hasil uji N-Gain menunjukkan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 60,46 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 22,21. Selain itu, perolehan nilai rata-rata N-Gain setiap indikator kemampuan rasa empati kognitif peserta didik sebesar 0,61 termasuk kedalam kategori sedang.
References
Dafid Fajar Hidayat. (2022). Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 141–156. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300
Ergawati, E., Affan, I., Zulfahmi, T., Liesmaniar, C., Marsithah, I., & Milfayetty, S. (2023). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(2), 212. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.42464
Gordon, G., & Dalton, S. (2014). Proactive and Reactive Aggression and Cognitive and Affective Empathy among Students in Middle Childhood. International Journal of School and Cognitive Psychology, 1(2), 16–21. https://doi.org/10.4172/2469-9837.1000105
Halean, S., Kandowangko, N., & Goni, S. Y. V. I. (2021). Vol. 14 No. 2 / April – Juni 2021. Journal Holistik, 14(2), 1–17. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/download/34453/32350
I Dewa Ayu Agung Istri Mayun, Yudana, Made, Arya Sunu, I. G. . (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan Setting Group Investigation Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kuta Kabupaten Badung. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1306
Iklas Supriyanto, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 558–564. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/394/pdf
Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2). https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia antara Keinginan dan Realita. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2(2), 233–245.
Nurdin, M. N., & Fakhri, N. (2020). Perbedaan Empati Kognitif Dan Empati Afektif Pada Remaja Laki-Laki Dan Perempuan. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 11. https://doi.org/10.26858/talenta.v2i2.13199
Pipit Justianingsih. (2013). Upaya Meningkatkan Nilai Kepedulian Lingkungan Siswa Melalui Penerapan Model Group Investigation dikelas VII SMP Negeri 6 Cirebon Pada Sub Pokok Bahasan Kerusakan Lingkungan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Raida Sulasfiana Alfi, Dewi Pramesti, & Yuniastuti Ari. (2014). Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Berbasis Edutainment Dengan Tutor Sebaya Di Smp Teuku Umar Semarang. Unnes Journal of Biology Education SE-KABUPATEN SEMARANG, 3(2), 172–179.
Rosidah, N., & Nuraeni, E. (2012). Perbedaan Metode Brain Based Learning terhadap Capaian Prestasi Prestasi Akademik dan Retensi Pengetahuan Siswa pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10821/
Samrin. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 122–123.
Santi, A. W., Andrianie, S., & Ariyanto, R. D. (2022). Pengembangan Skala Karakter Empati Siswa Kelas XI SMA. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(1), 39–50. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.16087
Setia Wardana, M. Y., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18380
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sutrisna, N., & Gusnidar. (2022). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri pada Materi IPA untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2859–2868.
Copyright (c) 2024 muhamad tohari sriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.