Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis
Abstract
Pembelajaran IPA menuntut peserta didik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tingginya, yaitu salah satunya kemampuan berpikir secara analitis. Berpikir secara analitis menjadikan peserta didik dapat mengatasi dan juga mampu menghadapi segala permasalahan yang sedang dihadapi dengan mudah, sehingga dengan menggunakan kemampuan berpikir secara analitis peserta didik dapat memecahkan persoalan yang dihadapi. Langkah yang dapat diambil oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara analitis dengan menggunakan model pembelajaran yang beragam salah satunya yaitu model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian adalah quasi eksperimen. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif komparatif karena penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keberadaan suatu variabel atau lebih, pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pre-test dan post-test kepada peserta didik. Langkah selanjutnya hasil dari nilai pre-test dan post-test tersebut dilakukan uji dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan juga uji hipotesis ataupun uji t. Hasil dari nilai pre-test diuji menggunakan uji two tailed sample test, sedangkan hasil dari nilai post-test diuji menggunakan uji one tailed sample test. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VII-A MTs Ma’arif Al-Ishlah pada materi pencemaran lingkungan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari perhitungan SPSS dengan uji one tailed sampel test didapatkan hasil bahwa model pembelajaran problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas VII-A MTs Ma’arif Al-Ishlah.
References
Adi Adriadi and Nafan Tarihoran. (2016). Pembelajaran problem based learning (PBL) dan motivasi siswa terhadap hasil belajar PAI di SMP Negeri 1 Ciruas Serang. Jurnal Kajian Keislaman, 3(2), 15–37.
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Nomor 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4
Ahmadriswan nasution. (2020). Bahan ajar FSA angkatan ke-21 tahun 2020 Pengujian Hipotesis.
Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2018). Profil keterampilan berpikir analitis mahasiswa calon guru IPA dalam perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 66. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70
Edi Irawan. (2014). Pengantar Statistika Penelitian Pendidikan (Aura Pustaka (ed.)).
Fitriyani, R., & Duran Corebima, A. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains S3, 3(4), 186–200. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/
Fitriani, F., Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67.
Hasyim, F. (2018). Mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.591
Herawati, L. (2016). Uji normalitas data kesehatan menggunakan SPSS. Yogyakarta: Poltekkes Jogja Press.
Hidayati, A. R., Fadly, W., & Ekapti, R. F. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48.
Irawati, T. N., & Mahmudah, M. (2018). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir analisis siswa SMP dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Kadikma, 9(2), 1–11.
Kern, J. (1990). Implementation of new technology - The regulator’s perspective. SAE Technical Papers, 7, 5–9. https://doi.org/10.4271/902340
Maghfiroh, U. (2011). Penerapan pembelajaran fisika bervisi sets untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 6–12. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1061
Noviani, Y., Hartono, & Rusilowati, A. (2017). Analisis pola pikir siswa dalam menyelesaikan soal sains ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta literasi sains. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 147–154.
Rahmawati, W., Ratnasari, J., & Suhendar, S. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran socioscientific issues terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 124–132. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10150
Risamasu, P. V. M. (2016). Pembelajaran IPA menumbuhkan karakter siswa. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, November, 249–259. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039985
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berkonteks Socio-Scientific Issues berbantuan media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14
Rusydi Ananda, M. F. (2018). Statistika Pendidikan : Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV Widya Puspita (Vol. 11, Nomor 3).
Widhy H, Purwanti, Sabar Nurohman dan Widodo Setyo Wibowo. (2013). Model integrated science berbasis socio scientific issues untuk mengembangkan thinking skills dalam mewujudkan 21st century skills. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 158–164. https://doi.org/10.21831/jpms.v1i2.2484
Sulastri, S., & Pertiwi, F. N. (2020). Problem based learning model through constextual approach related with science problem solving ability of junior high school students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 50. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2059
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.