Analisis Respon Pembelajaran Daring pada Era Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi dan Minat Belajar Mahasiswa

  • Erlyza Martiwi IAIN Ponorogo
  • Rahmi Faradisya Ekapti IAIN Ponorogo
Keywords: Motivasi belajar, Pandemi Covid-19, Pembelajaran dalam jaringan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis dan menjelaskan kondisi serta kendala yang dialami terkait minat dan belajar mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  yaitu menggunakan studi kasus.  Adapun teknik yang digunakan adalah teknik survey, survey yang dibuat bertujuan untuk mengungkap secara detail tentang motivasi mahasiswa dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan pada 20-25 April 2021 dengan mengajukan 13 pertanyaan. Penelitian ini mengambil sampel responden secara random pada mahasiswa angkatan 2018 dari 5 perguruan tinggi yang berdomisili di Jawa Timur. Kuesioner tersebut dibagikan kepada responden melalui bentuk google form. Kemudian data yang sudah didapat dianalisis dan dihitung jumlah presentasenya kemudian dilakukan uji validitas item dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment dengan software SPSS dengan hasil N= 40, nilai f.hitung > f.tabel (0,312) dan nilai sig. > nilai sig. α (0,05), sedangkan uji reliabilitas instrumen kuesioner dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Cronbach's Alfa dengan hasil 0,657. Dari hal tersebut pembelajaran daring bisa menjadi pertimbangan untuk memperhatikan kondisi dan solusi minat serta motivasi belajar mahasiswa.

References

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dam Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan.

Cresswell, J. W. (2016). RESEARCH DESIGN Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Fauziyah, H. N. (2020). Potensi Lokal sebagai Sumber Belajar Biologi di Era Pandemi. In Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi, Transformasi, Adaptasi dan Metamorfosis Menyongsong New Normal (pp. 119–121). Zahir Publishing.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Garrison, D. R., & Voughan, N. D. (2007). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. John Wiley & Sons, Inc. Online Library.

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 24.

Irawan, E. (2020). Arah Baru Pembelajaran di Era New Normal. In Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi, Transformasi, Adaptasi dan Metamorfosis Menyongsong New Normal (pp. 6–7). Zahir Publishing.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10.

Jamaludin, D. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Jurusan PAI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–100.

Lestari, D. A., & Lukas, dr. P. (2021, April). Poliuria (Sering Buang Air Kecil). Hallo Sehat.

Pertiwi, F. N. (2020). Peran AFS (Alat Fisika Sederhana) dalam Mendukung Pembelajaran Eksperimen di Era Pandemi. In Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi, Transformasi, Adaptasi dan Metamorfosis Menyongsong New Normal (p. 110). Zahir Publishing.

Pustikasari, A., & Fitriyanti, L. (2021). Stress dan Zoom Fatigue pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 25–37. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.467

Rifai, F. F. (2020, April). Mengenal Cabin Fever Ancaman Kesehatan Psikologis di Tengah Pandemi. UNAIR News.

Rosenbatt, P. C. (2010). The Meaning of “Cabin Fever". The Journal of Social Psychology, 123(1).

Sardin. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi matematika Siswa Melalui Model Reciprocal Teaching. JPEM: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(April), 13–21.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi Kedu). ALFABETA.

Sujarweni, V. W. (2014). Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian. Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, N. . (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Wulandari, T. (2021, July). Perbandingan Google Meet dan Zoom Buat Sekolah dan Kuliah, Ini Fiturnya. Detik.Com, 1.

Published
2022-07-26
Section
Articles