Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Make A Match meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA kelas
V MIN 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas
dengan 2 siklus. Penelitian Tindakan kelas yang digunakan menerapkan model
kemmis & McTagart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
melalui teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat
meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Hal ini dibuktikannya dari hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I dan
siklus II. Siklus I mendapatkan persentase rata-rata keaktifan belajar siswa
sebesar 74,16% dan siklus II mendapatkan persentase rata-rata keaktifan
belajar siswa sebesar 89,78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan
belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V MIN 1 Ponorogo.