Implementasi Metode Hanifida dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida Jombang

  • Kusnul Fadlilah IAIN PONOROGO
  • Sugiyar Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Metode Hanifida, Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an, Pesantren Hanifida Jombang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Hanifida, pengelolaan metode Hanifida, dan dampak pengelolaan metode Hanifida dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an santri. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, implementasi metode Hanifida dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an memberikan stimulus dalam proses menghafal al-Qur’an santri. Pengelolaan pada penerapan metode Hanifida sudah berjalan dengan baik secara keseluruhan. Akan tetapi, terdapat poin-poin catatan yang perlu diperhatikan terutama pada fungsi pengawasan. Dampak pengelolaan metode Hanifida berpengaruh terhadap keberhasilan santri dalam menyelesaikan menghafal al-Qur’an, akan tetapi perlu peningkatan dalam ilmu tajwid santri.

References

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

B, Mattew, Miles, A. Michael Huberman, and Jhonny Saldana. Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook. USA: SAGE, 2014.

Badruzzaman, Abdulloh. Buku Panduan 7 Teknik Melejitkan Fungsi Otak Revolusi Belajar Secara Terpadu Dan Seimbang. Yogyakarta: Aida Press, 2011.

Dhevin M. Q. dan Agus P. W. “Managemen Pondok Pesantren dalam Mengintegrasikan Kurikulum Pesantren dengan Pendidikan Formal.” Edu Islamika 5 (2013).

Heru Siswanto. “Hubungan Kemampuan Menghafal Al Qur’an dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PAI Siswa Madrasah Aliyah Al Fathimiyah Banjarwati Paciran Lamongan.” Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan 1 Nomor 1 (March 2019): 83–84.

Idawati, Khoirotul, and Hanifuddin Mahaddun. Al-Asma Al-Husna (Menghafal Nama Arti dan Nomor Urut) Cara Belajar Cepat Cepat Abad 21 Metode Hanifida Brain Based Learning Model Kontruktivisme. Jombang: La Raiba Hanafida Training Center, 2019.

John Afifi. Rahasia di Balik Kekuatan Otak Tengah. Surabaya: Dee Publishing, 2010.

Julina. Perbandingan Tingkat Pemahaman Asmaul Husna Antara Metode Hanifida dengan Metode Konvensional. Vol. 2. Samarinda: Yami, 2014.

K. Yin, Robert. Studi Kasus (Desain dan Metode) Terj. M Dzauzi Mudzakir. Jakarta: PT. Raja Rafindo Persada, 1997.

Kholami, Abi Zur. Aunnur Rohman. Maktabah Turosul Islami, 1992.

Lihat Lampiran 01/O/L1/Peng.Mtdhnfda/110621/013-027, n.d.

M. Manullang. “Dasar-Dasar Manajemen.” Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2012.

Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan 1, No. 1 (January 1, 1970): 150–68. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.

Mahmud, Khoirotul Idawati, and Hanifuddin Mahadun. Teknik Menghafal Spektakuler. Jombang: La Raiba Hanafida Training Center, 2009.

Maskan, Mohammad. Pengantar Manajemen. Malang: Polinema Press, 2020.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.

Muhammad Syaifuddin Shobirin. “Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Hanifida (Studi Kasus Metode Hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida Jombang).” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.

Mulyadi, Seddy. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

R.Terry, George. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

W. Creswell, John. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Published
2022-11-10
How to Cite
Fadlilah, K., & Sugiyar. (2022). Implementasi Metode Hanifida dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Supercamp La Raiba Hanifida Jombang. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 87-98. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.908