Manajemen Program Kelas Unggulan Untuk Meningkatkan Daya Saing MTsN 1 Dan MTsN 2 Ponorogo

  • Zayyini Rusyda Mustarsyidah IAIN Ponorogo
  • Sugiyar Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Daya Saing Madrasah, Manajemen, Peningkatan, Program Kelas Unggulan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan madrasah yang semakin besar untuk memikat animo masyarakat dengan berbagai inovasi. Salah satu inovasi tersebut adalah penyelenggaraan program kelas unggulan yang menawarkan berbagai pilihan program kepada calon peserta didik sesuai dengan kecerdasan dan bakat yang dimiliki. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen pada penyelenggaraan program kelas unggulan di MTsN 1 dan MTsN 2 Ponorogo serta implikasinya terhadap peningkatan daya saing madrasah di tengah persaingan lembaga pendidikan saat ini. Temuan penelitian yang diperoleh adalah bahwa penyelenggaraan program kelas unggulan menerapkan fungsi manajemen POAC (planning, organizing, actuating, dan controlling) atau perencanaan (tujuan, pengelola, kurikulum, tenaga pengajar, dan biaya), pengorganisasian (pembagian tugas dan struktur organisasi program, materi, penempatan siswa, sarana prasarana, dan biaya), pelaksanaan (pembelajaran dan kegiatan outdoor), pengawasan dan evaluasi (pengawasan dan evaluasi secara berkala dengan pelaporan program dan evaluasi pencapaian belajar siswa). Manajemen program kelas unggulan ini berimplikasi pada capaian prestasi kepala madrasah, reputasi madrasah, prestasi siswa di bidang akademik dan non-akademik, serta peningkatan animo masyarakat dari tahun ke tahun.

References

Abeng, Tanri. Profesi Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Bafadal, Ibrahim. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Creswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Djuanda, Isep. “Meningkatkan Kompetensi Guru Sebagai Pendidik Profesional dalam Mengembangkan Pembelajaran.” Alim | Journal of Islamic Education 1, no. 2 (October 8, 2019): 353–72.
E. Porter, Michael. “The Competitive Advantage of Nations.” Harvard Business Review, April 1990.
Fuad, Nurhattati. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Hanum, Farida. Bunga Rampai Peningkatan Mutu Madrasah. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Hanun, Farida. “Membangun Citra Madrasah Melalui Program Kelas Unggulan di MTsN 2 Bandar Lampung.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 14, no. 3 (December 30, 2016).
Hasibuan, Malayu S.P. Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hm, Syamsul Hadi. “Dinamika Madrasah Dan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Unggulan.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 09 (Agustus 2016): 31.
“Http://Emispendis.Kemenag.Go.Id/Dashboard/?Smt=20202,” n.d. Accessed August 25, 2021.
Imron, Ali. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Ixtiarto, Bambang, and Budi Sutrisno. “Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 01 (June 2016).
Manulang, M. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1990.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Jhonny Saldana. Qualitatuve Data Analysis A Methods Sourcebook. USA: SAGE, 2014.
M.M., Mashhadi, and Mohajeri K. A Quality Oriented Approach toward Strategic Positioning in Higher Education Institutions. New York: World Academy of Science, Engineering and Technology, 2008.
Moeleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Muhammad, Maryam. “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, no. 2 (September 18, 2017): 87.
Ngadirun and Suhartono. “Penyelenggaraan Program Kelas Unggulan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 06, no. 2 (2005).
Sampurno. Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Stufflebeam, DL., and AJ. Shinkfield. Systematic Evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing, 1985.
Sugiyono. Memahami Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2005.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Sulastri, Lilis. Manajemen: Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori Dan Praktik. Bandung: La Good’s Publishing, 2014.
Sunhaji. Manajemen Madrasah. Purwokwerto: STAIN Press, 2008.
Terry, George R. Asas-asas Manajemen, Terj. Winardi. Bandung: PT Alumni, 2012.
Umayah, Siti. “Upaya Guru dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah.” Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2015): 30.
Utami, Yoga Dwi. “Manajemen Program Kelas Unggulan Untuk Meningkatkan Citra Madrasah (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kabupaten Madiun).” IAIN Ponorogo, 2020.
Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo, 1991.
Published
2022-11-22
How to Cite
Zayyini Rusyda Mustarsyidah, & Sugiyar. (2022). Manajemen Program Kelas Unggulan Untuk Meningkatkan Daya Saing MTsN 1 Dan MTsN 2 Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2(02), 137-152. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i02.1229