Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di Madrasah Diniyah Formal Al Jayadi Ketandan Dagangan Madiun

  • Anas Mubayin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Muhammad Thoyib Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
  • Sugiyar Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Keywords: Peran Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan, Madrasah Diniyah

Abstract

Lembaga pendidikan yang mampu menyelenggarakan pendidikan yang unggul dituntut untuk menghasilkan manusia yang lebih baik. Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, baik berupa pelayanan maupun hasil. Berbicara tentang kualitas, kapasitas lembaga pendidikan dalam menggunakan sumber daya pendidikan untuk mengembangkan kapasitas belajar merupakan faktor pendukung dalam mencapai kualitas pendidikan yang baik. Akibatnya, lembaga pendidikan harus terus berkembang guna meningkatkan kualitas (mutu) lulusan dengan menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan. Dalam hal ini, fungsi kepala madrasah sebagai pemimpin dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Peran kepala madrasah sebagai pemimpin; (2) Peran kepala madrasah sebagai manajer; (3) Peran kepala madrasah sebagai supervisor, utamanya di Madrasah Diniyah Al Jayadi Ketandan Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data dari Miles, Huberman, dan Saldana yang mencakup pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Diniyah Al Jayadi Ketandan Madiun, yaitu: (1) Dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin, kepala madrasah berhasil memiliki kemampuan dalam melakukan pembinaan, pengawasan, dan meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan; (2) Sehubungan dengan peran sebagai manajer, kepala madrasah telah melaksanakan empat fungsi utama manajerial yakni perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (motivating), dan pengendalian (controling); (3) Kepala madrasah sebagai supervisor memberikan pengawasan dan bimbingan kepada guru dalam hal pengembangan profesi, pelaksanaan pembelajaran, memberikan evaluasi hasil belajar siswa, serta dalam melakukan supervisi, kepala madrasah juga memberikan ruang bagi guru untuk mengajukan keluhan atau saran untuk memperbaiki kualitas (mutu) pendidikan.

 

References

Al-Bukhari, Abdullah Muhammad bin Ismail. Shahih Bukhari, Juz III. Beirut: Dar Al-Fikr. 1983.

Anwar, Moh. Idochi. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pembiayaan: Teori Konsep dan Isu. Jakarta: Rajawali Press. 2013.

Arbangi. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2016.

Basri, Muhammad "Budaya Mutu dalam Pelayanan Pendidikan." Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan 1, no. 2 (2011): 110-117.

Budairi, Ahmad & Umi Rohmah. “Strategi Kepala Madrasah dalam Mendayagunakan Tenaga Pendidik di Madrasah Diniyyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1 no 01 (2021): 97-107. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.207.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. KMA No. 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, 2022.

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Kemenag RI, 2014.

Fauzi, Akhmad & Siti Maryam Yusuf. “Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Religius.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1 no 02 (2021), 213-227. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i02.409

Gaspersz, Vincent. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Hariyani, Septeria & Aksin Wijaya. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPN 1 Takeran.” Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 2 no.01 (2022): 199-208. https://doi.org/10.21154/excelencia.v2i01.478

Herabudin. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Kadarsih, Inge. et.al., “Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no.2 (2020): 194-201.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press, 1990.

Kementerian Agama RI. Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 15 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam. Jakarta: Kemenag RI, 2014.

Lolang, Enos, et al. "Analysis of Educational Messages in The Lion King Movie: Perspectives on Character Education and Environmental Conservation." COMPETITIVE: Journal of Education 2.2 (2023): 122-130.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Marno dan Triyo Supriyatno. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama, 2008.

Mastuhu. Pemberdayaan Sistem Pendidikan Islam, Strategi Budaya Menuju Budaya Akademik. Jakarta: Logos, 1999.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook. Sage publications, 2018.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Prayitno, Mustofa Aji, et al. "A Comparison of John Dewey and ED Hirsch's Thoughts on Determining Quality Educational Goals." COMPETITIVE: Journal of Education 2.3 (2023): 156-168.

Prodyanatasari, Arshy, et al. "Comparison of Educational Theories: Perspectives of Carol Dweck and Howard Gardner in Developing Individual Potential." ANTHOR: Education and Learning Journal 2.6 (2023): 725-732.

Purba, Sukarman, et.al. Perilaku Organisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Shaleh, Abdul Rahman. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa, 2000.

Siswanto, Bedjo. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Terry, George R. dan Leslie W. Rue. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2020.

Thoha, Miftah. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2001.

Published
2024-01-03
How to Cite
Mubayin, A., Thoyib, M., & Sugiyar. (2024). Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di Madrasah Diniyah Formal Al Jayadi Ketandan Dagangan Madiun. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 3(02), 275-292. https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i02.2345