Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa SDN Tambakbayan Ponorogo

  • Esy Karina
  • Lukman Hakim
Keywords: Extracurricular; Scouting; Nationalism.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah
pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk sikap Nasionalisme.
(2) Mendeskripsikan kegiatan apa saja program ekstrakurikuler pramuka dalam
meningkatkan sikap nasioalisme. (3) Mendeskripsikan implikasi dari
ekstrakurikuler Pramuka dalam meningkatkan sikap nasioalisme.Adapun
metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitia studi kasus dan pendekatan yang dilakukan di SDN Tambakbayan
Ponorogo. Data yang diperoleh dari hasil obsevasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan pendekatan penelitian menggunaan dan jenis
penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori
Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1)
Langkah-langkah dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka meliputi
persiapan materi, pelaksanaan kemudian evaluasi. (2) Program kegiatan
ekstrakurikurer Pramuka kegiatan dalam program kerja Pramuka dibuat sesuai
dengan SKU serta Silabus Pramuka Penggalang. Adapun kegiatanya seperti
PBB, kode kehormatan pramuka, lagu wajib nasional dan daerah, berbagai
materi pramuka, berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan, (3) Implikasi
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka menghasilkan dampak yang positif bagi
siswa, terutama bagi pembentukan sikap Nasionalisme siswa. Pramuka bisa
menjadi wadah pembentukan karakter siswa, pengembangan keterampilan,
memberikan pengalaman belajar holistik, dan memberikan kesempatan bagi
siswa untuk berprestasi dalam kompetisi.

References

Abidin, A. Mustika. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler
Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2):183–96.
Afdal, Heri Widodo. 2020. Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Di SD Negeri 004 Samarinda
Utara Tahun 2019. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar 4(2):68–81.
Afifah, Lu’luul Millati. Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Pada Siswa Mi
Nurul Huda Bakalan Bululawang Malang. UNISMA Repository, 2020: 79.
Alfiana, Hilda Nur, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. Krisis Identitas Nasional Sebagai
Tantangan Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 9(1):45–51.
Andhika, RiskaPutra. Analisis Data Kuantitatif. Surabaya: Jagad Media Publishing, 2022).
Annisa, Marcella dkk. 2021. Peran Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Karakter Kewarg
anegaraan Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai 5:7286–7291.
Astuti, Hera. Metode Penelitian Pendidikan. Depok: PT R ajaGrafindo Persada, 2021.
Barizi, Ahmad. 2022 Dampak Era Globalisasi di Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan 9(1): 72-
85
Bob, Andri Sunardi. BOYMAN Ragam Latih Pramuka. Bandung: Darma Putra, 2016.
Beny Sinta, Sari. 2021. Kegiatan Ekstrakurikuler Keag Negeri 1 Polewali. M. Nasrul Hidayah1* ,
Faridah Ohan2 , Andi Wahed3 Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri
Makassar 1–10.
Fadli, Muhammad Rijal. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika 21 no. 1
(2021):33–54.

13

PAGE
\*
MER
GEFO
RMA
T 5

Pelaksanaan Ekstakurikuler Pramuka

Fauziah, Isna Nadifah Nur, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. Membangun Semangat
Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. IJoIS: Indonesian
Journal of Islamic Studies 2(2):93–103.
Fathurahman, M, Nila Puspita. Interelasi Nilai Moral Dalam Serat Wedharaga Terhadap
Substansi Mata Kuliah Pembelajaran Dan Materi Akidah Akhlak di SD/MI, Jurnal
Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 8, no. 2 (2023): 212-222.
Fitroh, Lailatil, Miftachul Choiri. Konsep Tauhid Dalam Kitab Aqidatul Awam Karya Syekh Sayid
Ahmad Al-Marzuqi Serta Relevansinya dengan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 Di
Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal AL THIFL 2, no. 1 (2022): 1-16.
Hakim Lukman. Membangun Ilmuwan Cilik Melalui Integrasi Pembelajaran I-Metals (Islamic -
Mathematics, Environent, Technology, Art, Literacy, And Science) Di Raudhatul Athfal,
Badegan, Ponorogo, Indonesian Engagement Jounal 2, no. 2 (2021): 38-51.
Hartono Jogiyanto. Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.
2018.
Heksa, Afrita. 2021. Ekstrakulikuler IPA Berbasis Sainpreneur. Yogykarta: CV Budi Utama. Mi,
D I S D. “Interelasi Nilai Moral Dalam Serat Wedharaga Terhadap Substansi Mata Kuliah
Pembelajaran Dan Materi Akidah Akhlak” 8 (2023).
Kaharuddin. 2021. Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri Dan Karakter Sebagai
Metodologi. Jurnal Pendidikan IX(1):1–8.
Lestari, Sri Uji; Saraswati, Ufi; Muntholib, Abdul. Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam
Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI Di SMA Negeri 1
Sukorejo. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah 13, no. 2 (2018): 205–215.
Lexy J. Moleong. Metodoligi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019)
Miftachul Mohammad Choiri. Pengaruh Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap
Kemampuan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Qur’an Hadist. Jurnal Ilmiah AL
THIFL 6. no. 2 (2024): 397-411.
Nafisah, Lu’luun, Syamsul Ghufron, Mohammad Taufiq, and Akhwani Akhwani. Peran Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sd Kemala
Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 6, no. 2 (2020):
272–84.
Nasrul Hidayah, M., Faridah Ohan, and Andi Wahed. 2022. Studi Pengelolaan Program
Ekstrakurikuler Di Era Pandemi SMA Negeri 1 Polewali Study on the Development of
Extracurricular Programs in the Pandemi Era of SMA.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014
Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib.
Pratiwi, nuning. 2017. Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal
Ilmiah DInamika Sosial 1:202–224.
Rozi, Fathor. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler
Pramuka di Pesantren. Manajemen dan Ilmu Pendidikan 1: 111-126.
Santoso Gunawan. Filsafat Konten Nasionalisme, Patriotisme, dan Perjuangan Untuk Generasi Z

PAGE
\*
MER
GEFO
RMA
T 4

Esy Karina & Lukman Hakim

Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Transformatif 2. No. 2. 2023.
Sarosa, Samiaji. Analisis Data Penelitian Kualitatif . Sleman: PT Kanisius, 2021.
Sugiono. Bambang. Pancasila Sebagai Perekat Dan Pemersatu Bangs.( Malang: Media Nusa
Kreatif. 2021).
Sutriani, Nur Hidayah. 2023. Implikasi Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pendidikan Karakter
Islam Di Mts Alkhairaat Sakita. Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8(2):585–95.
Syamsul, Muhamad Taufik, Manajemen Penjas.Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2020.
Wijaksono, Muhamad. Metode Pembelajaran Tuntas dalam Pendidikan Kepramukaan Perspektif
Al-Qur'an dan Implementasi di SMP IT Al-Husein Tigaraksa. Pekalongan: PT. Masya
Expanding Management, 2021.
Yulyanti. Manajemen Kegiatan Ektrakurikuler Di Kelompok Bermain AR Rahman Galang Tinggi.
Journal Of International Multidisciplinary Research 1. no.1. 2022.
Published
2024-12-04
How to Cite
Esy Karina, & Lukman Hakim. (2024). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa SDN Tambakbayan Ponorogo. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 258-271. https://doi.org/10.21154/thifl.v4i2.3982