Implementasi Model Pembelajaran SQ4R Dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bahasa Daerah Kelas V Di SDN 2 Tonatan Ponorogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SQ4R dan mengetahui peningkatan pemahaman teks bahasa daerah pada siswa. Penelitian dilakukan di kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ4R mampu meningkatkan pemahaman teks bahasa daerah pada siswa . Nilai persentase ketuntasan klasikal saat pra tindakan yaitu 20% (tidak tuntas), meningkat pada siklus I dengan perolehan nilai persentase sebesar 50% (tidak tuntas) mekipun tidak tuntas pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 20% dari pra tindakan. Pada siklus II mendapatkan nilai persentase sebesar 75% maka antara siklus I dan siklus II juga terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu meningkat sebesar 25%. Pada siklus III nilai persentase yang diperoleh sebesar 88%.