Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda dan Relevansinya Dengan Buku Tematik Tema 2 SD/MI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda pada buku Tematik tema 2 kelas 6 SD/MI. Penelitin ini merupakan penelitian kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan studi dokumentasi. Adapaun Langkah-langkah peneliti dalam menganalisi data sebagai berikut. (1) merumuskan tujuan analisis (2) pemilihan dan memfokukan pokok permasalahan (3) pengelompokan data sesuai permasalahan (4) penyajian data dalam bentuk diskripsi tentang nilai pendidikan karakter novel Ayah Mengapa Aku Berbeda (5) penganalisisan data kemudian ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil pada penelitian ini menunjukkan (1) terdapat 7 nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda yaitu: toleransi, disiplin, kerja keras, menghargai prestasi, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab. (2) terdapat 7 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditemukan peneliti dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda dan ada relevansinya dengan buku Tematik tema 2 kelas 6 SD/MI.
References
Akhwani, & Kurniawan, M. W. (2021). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan Dalam Nyikapi Generasi Rahmatan Lil Alamin. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 893.
Al-Qur’an Kemenag. (2019).
Al-Quran Kemenag. (2019).
Andriyani, R. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Karakter Remaja. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021), 37–38.
Anisah, N. (2018). Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan di SD Kedungpring, Pleret, Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 56–70.
Arif, M. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an (Studi QS. Luqman:12-19). Ifrani, 1(1), 14–27.
Asroriah, F. (2021). Enkulturasi Disiplin Dalam Meningkatkan Nilai Pendidikan Karakter Religius Di MI PSM Gedoro. Jurnal Al-Ilmu, 1(1), 8–14.
Burhan Nurgiyantoro. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University.
Davonar, A. (2012). Ayah Mengapa Aku Berbeda. Inti Book Publishing.
Febrianshari, D. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(1), 88–95.
Fitroh, K. (2018). Karakter Kepemimpinan Dalam Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro Dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi, IAIN Ponorogo.
Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research: Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses dan Hasil Penelitian. CV Literasi Nusantara Abadi.
Ilahi, M. T. (2014). Gagalnya Pendidikan Karakter: Analisis & Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik. Ar-Ruzz Media.
Jempa, N. (2018). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik, 1(2), 101–102.
Kahfi, M. R. (2018). Nilai Toleransi Dalam Novel “Ayat-Ayat Cinta 2” Karya Habiburrahman El-Shirazy. Locana, 1(1), 18–26.
Karo, D. M. B., & Fibrianto, K. (2015). Implementasi Content Analysis Dalam Eksporasi Sensori Lexicon Susu Pasteurisasi : Kajian Pustaka. Jurnal Pangan Dan Agroindustri, 3(4), 1567–1572.
Kholisoh, B. (2014). Novel Sebagai Media Pendidikan. Skripsi, 1–72.
Kurniawan, S. (2017a). Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.
Kurniawan, S. (2017b). Pendidikan karakter dalam Islam Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197.
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica, 1(2), 191.
Maulidha, E., & Salehuddin, M. (2021). Kematangan Emosi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi: Sebuah Studi Kepustakaan Student Emotion Mathering in Completing a Undergraduate Thesis: a Literature Study. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 4(1), 59–70.
Muhammad Hasan. (2021). Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan: Implementasi Prinsip-prinsip Psikologi Dalam Pembelajran. CV Tahta Media Group.
Mulyasa, H. . (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. PT Bumi Aksara.
Mulyono. (2016). Nilai-Nilai Pemebentukan Karakter Dalam Filsafat Sosrokartono. Sabda, 11(2), 9.
Mumpuni, A. (2018). Intergrasi Nilai Karakter Dalam Buku pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. CV. Budi Utama.
Mumpuni, A., & Muhsinatun. (2016). Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 18.
Permendikbud Nomor 20 Tahun. (2018). Peraturan Pedia.
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 137.
Prastowo, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Kencana.
Priyanti, S. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Cahaya di Penjuru Hati Karya Alberthiene Endah. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 4(2), 270.
Rohmawan, A. (22020). Aspek Berpikir Kritis dan kreatif Dalam Buku Teks Karya Mahasiswa. Jurnal Kajian Sastra Bahasa Indonesia Dan Pembelajarean, 4(1), 33.
Samani, M. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.
Sandu Siyoto, A. S. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Bintang Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif,kaualitatif Dan R&D. CV Alvabeta.
Sulastri. (2018). Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kimia. Syariah Kuala University Press.
Sulastri, S., Hariyadi, -, & Simarmata, M. Y. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1), 43.
Suradi. (2017). Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 522.
Syaidah, I. A. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Ayah” Karya Adrea. September, 222–229.
Tri Sukitman. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menceiptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). Jurnal Pendidiakan Sekolah Dasar, 2(2), 56–60.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2003). Transmedia Pustaka.
Wiyani, N. A. (2013). Konsep, Praktik Dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Ar-Ruzz Media.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Prenademedia Group.
Zed, M. (2017). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zubaedi. (2013). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana prenada Media Group.