STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI MADRASAH DINIYAH (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-BAzariyyah Tempursari Wungu Madiun)

  • Dina IAIN PONOROGO
  • Umi Rohmah
Keywords: Program tahfidz, Strategi Peningkatan daya saing, madrasah diniyah.

Abstract

Tujuan Penelitian untuk: (1) Menjelaskan komponen apa saja yang dikembangkan dalam program Tahfidz di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam meningkatkan daya saing, (2) menjelaskan strategi pengembangan program tahfidz di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun dalam meningkatkan daya saing, ( 3) menjelaskan dampak pengembangan program bagi santri di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskripsi analisis, yaitu, deskripsi naratif dari proses perilaku subjek sesuai dengan masalah yang diteliti. Desain penelitian menggunakan studi kasus observasi yang terkait dengan strategi pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun. Teknik pengumpulan data adalah: (1) wawancara mendalam, (2) observasi, (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan tiga langkah (1) Data Reduction atau reduksi data, (2) Data Display atau penyajian data dan (3) menarik kesimpulan. Untuk memverifikasi validitas data untuk mendapatkan temuan penelitian yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya menggunakan tehnik: (1) memperpanjang periode pengamatan, (2) pengamatan berkelanjutan dan (3) triangulasi. Temuan penelitian di Madrasah Diniyah Al-Bazariyyah Tempursari Wungu Madiun adalah (1) komponen pengembangan program Tahfidz Al-qur’an meliputi a). Perencanaan pembelajaran tahfidz Al-qur’an b). Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-qur’an c). Evaluasi pembelajaran tahfidz Al-qur’an. (2) Strategi Pengembangan program Tahfidz Al-qur’an meliputi  a). Pengembangan pada tingkat lembaga, yang meliputi perumusan tujuan lembaga, menetapkan isi dan struktur program b). Pengembangan program setiap pelajaran, c). pengembangan program pembelajaran di kelas. (3) Dampak pengembangan program berpengaruh penting untuk membentuk karakter santri dalam kehidupannya seperti disiplin, berprestasi, mandiri, berakhlaqul karimah dan jujur.

Published
2021-08-04
How to Cite
Dina, & Umi Rohmah. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI MADRASAH DINIYAH (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-BAzariyyah Tempursari Wungu Madiun). Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01), 187-198. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.213