Program Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di RA Al Falah Dolopo Madiun

  • Isna Afifah Azizi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Umi Rohmah
Keywords: Program Literasi, Pengembangan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan kemampuan bahasa anak usia dini yang belum optimal pada indikator mengenal simbol-simbol dan berpartisipasi dalam percakapan, maka perlu diadakan proses belajar mengajar yang efektif dan menarik bagi anak yaitu melalui kegiatan literasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui program literasi anak yang diterapkan di RA Al-Falah Dolopo Madiun (2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak di RA Al-Falah Dolopo Madiun dan (3) untuk mengetahui capaian perkembangan bahasa setelah diterapkan program literasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program literasi anak yang diterapkan di kelompok A RA Al-Falah Dolopo Madiun diantaranya bermain peran, membacakan cerita kepada anak, pengenalan abjad dengan kartu huruf, dan membaca bertahap. (2) faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan bahasa adalah faktor kesehatan, komunikasi dengan orang tua, pergaulan dengan teman sebaya dan intelegensi (3) capaian kemampuan bahasa anak usia dini setelah diterapkannya program literasi di kelompok A RA Al-Falah Dolopo Madiun berkembang sesuai dengan harapan, dibuktikan dengan kemampuan mencapai beberapa indikator dalam mengungkapkan bahasa dan keaksaraan.

Published
2022-07-27