Kemampuan Pemahaman Mufrodat dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas III MI Al-Huda Kesiman Trawas Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023

  • Vita Dwi Ariani Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Agus Tri Cahyo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas III di MI Al-Huda Kesiman Mojokerto
menganggap pembelajaran bahasa Arab itu sangat sulit. Pemahaman mufrodat menjadi salah
satu kunci dalam memahami materi bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan hasil pemahaman mufrodat bahasa Arab melalui metode bernyanyi. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisisnya menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil pemahaman mufrodat bahasa Arab siswa kelas
III di MI Al-Huda Mojokerto melalui metode bernyanyi termasuk dalam tingkat pemahaman
rendah yang berarti siswa mampu terjemah mulai dari terjemahan dalam arti sebenarnya
semisal,  bahasa Arab ke bahasa Indonesia begitu sebaliknya.  Hal tersebut dapat dilihat dari
nilai tes mufrodat. Selain itu, dapat dilihat juga ketika siswa diberi pertanyaan siswa berebut
untuk menjawab pertanyaan. Kesimpulan, melalui metode bernyanyi siswa dapat memahami
mufrodat bahasa Arab dengan mudah.

Published
2024-08-02
How to Cite
Vita Dwi Ariani, & Agus Tri Cahyo. (2024). Kemampuan Pemahaman Mufrodat dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas III MI Al-Huda Kesiman Trawas Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50-69. https://doi.org/10.21154/thifl.v4i1.3552