Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Web Liveworksheet Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah

  • Umi Nur Kholifah Hidayah IAIN Ponorogo
  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo
Keywords: Efektivitas, Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Think Talk Write, Web Liveworksheet

Abstract

Kemampuan menyelesaikan masalah adalah upaya mencari jalan keluar dari suatu kesulitan untuk mencapai suatu tujuan yang tidak dapat dicapai dengan segera. saat peserta didik menghadapi tugas yang menantang,peserta didik wajib  bisa bekerja keras buat bisa menuntaskan tugas yang sudah diberikan Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi keterlaksanaan model pembelajaran Think Talk Write, (2) mengidentifikasi aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran Think Talk Write dan (3) mengidentifikasi efektivitas dari model pembelajaran terhadap kemampuan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik dengan menggunakan uji t test yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Sampel penelitian diambil dari kelas VIII di MTsN 2 Ponorogo dengan menggunakan 2 kelas sebagai sample nya yakni kelas VIII C untuk kelas eksperimen dan kelas VIII D untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write sudah berjalan sesuai dengan indikator dan sintaks, (2) aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write juga sangat baik, dan (3) untuk model pembelajaran Think Talk Write efektif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah. Adanya perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran konvensional dibuktikan dengan berdasarkan uji T dengan nilai signifikansi 0,00 <0,05.

 

References

Angriani, A. D., Bernard, B., Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write pada Peserta Didik Kelas VIII1 MTsN Model Makassar. MaPan, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8.

Asy’ari, A. (2016). Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbasis Assessment for Learning (Afl) Melalui Penilaian Teman Sejawat Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Viii. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.36

Fatmawati. (2015). Efektivitas Penerapan Strategi TTW Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Of Est, 01(02), 74–86.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Nugrahani, P. S., & Asri Hardini, A. T. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 21. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33584

Nurohman, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Model Think Talk Write Berbasis Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(Vol 5, No 1 (2014): Vol 05 No 1 September 2014), 15–19.

Oktavia Rahayu, Martua Ferry Siburian, A. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII pada Konsep. EduBiologia, Biological Science and Education Journal, 1(1), 15–23.

Prabowo, A., Kendal, S., & Tengah, J. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Using Liveworksheet with Web-Based Applications to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 1(10), 383–388.

Sagita, D., Sutiarso, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan LKPD Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 846–856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.309

Suleman A. Yusuf, N. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Pada Materi Program Linear di Kelas X SMK Negeri 1 Gorontalo Utara. JPs Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pendidikan, 02(1), 166–177.

Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., Yuniasti, A., & Wulandari, R. (2019). Menggunakan Model Guided Inquiry Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran. 2(2018), 59–67.

Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.778

Yusup, A. F. D. J., Fauziah, H. N., Anwar, M. K., & Sayekti, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Outdoor Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 305–313.

Zahro, L., & Irawan, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Scientific Literacy terhadap Keterampilan Presentasi Peserta Didik MTs Kelas VIII. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 35–44.

Published
2022-11-29
Section
Articles