Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Team Quiz Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya
Abstract
Pembelajaran IPA membutuhkan kemampuan bertanya untuk mewujudkan pembelajaran yang mengakar. Namun, berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan bertanya siswa masih kurang maksimal, karena penerapan model pembelajaran belum variatif, kurangnya fokus belajar siswa, dan kurangnya kepercayaan diri siswa untuk bertanya. Sehingga, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan bertanya, seperti strategi Active Learning tipe Team Quiz berbasis literasi sains. Strategi ini dinilai mampu meningkatkan kemampuan bertanya dalam diri siswa, didasarkan pada teori yang dikemukakan Mel Silberman pada tahun 2014 bahwa strategi ini dapat membantu siswa aktif bertanya sehingga pembelajaran menjadi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Active Learning tipe Team Quiz berbasis literasi sains terhadap kemampuan bertanya siswa. Jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment Design. Teknik pengumpulan data melalui tes. Lokasi penelitian di MTsN 2 Ponorogo dengan sampel penelitian sejumlah 40 siswa. Analisis datanya yaitu uji t dengan hasil terdapat pengaruh strategi Active Learning tipe Team Quiz berbasis literasi sains terhadap kemampuan bertanya siswa, dibuktikan dengan nilai p-value hasil uji t (two-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari α (0.05 atau 5%). Kemampuan bertanya siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dibuktikan hasil uji N-gain sebesar 0.66 atau setara dengan 65.69 % termasuk kriteria sedang dengan tafsiran cukup efektif.
References
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Partisipasi politik masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, VIII(1), 179–188.
Cahyani, A. A., Pertiwi, F. N., Rokmana, A. W., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas Model Learning Cycle 5E Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 176–185.
Iwan, I., Haya, N., & Yohanita, A. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIA di SMA Negeri 01 Manokwari. Biosel: Biology Science and Education, 7(1), 29–41.
Mulyasari, E., & Sudarya, Y. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 13–25. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i2.13256
Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (gi) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63
Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 43. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906
Putri, D. D. H., Dewi, N. K., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan. Progres Pendidikan, 1(3), 225–235.
Rembulan, C. N., & Susanti, L. Y. (2021). the Effect of Virtual Laboratory Implementation on the Science Literacy Ability of Class Viii Students on Material Force and Movement of Objects At Mts Negeri 1 Jember. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2715
Royani, M., & Muslim, B. (2014). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Supriatna, I. (2019). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 60 Kota Bengkulu. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 38–47.
Suryantini, P. (2018). Korelasi antara Sikap Ilmiah dalam Belajar dengan Kompetensi Inti Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 52–59. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15338
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.