Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Socioscientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta Didik

  • Indah Kurniasari IAIN Ponorogo
  • Hanin Niswatul Fauziah IAIN Ponorogo
Keywords: Berpikir Reflektif, Creative Problem Solving, Socioscientific

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif peserta didik sangat dibutuhkan selama pembelajaran IPA, akan tetapi kemampuan berpikir reflektif peserta didik tergolong masih rendah. Permasalahan tersebut juga terjadi di SMP Negeri 1 Mlarak pada peserta didik kelas VII. Penggunaan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific mejadi salah satu solusi alternatif dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Mlarak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol) yang berjumlah 62 peserta didik. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan soal tes yang diberikan sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific tidak sama dengan kemampuan berpikir reflektif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Hal tersebut berarti model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis socioscientific berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Mlarak.

References

Adhiatama, F., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Creative Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Confidence. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG, 6(5).

Alqonita, N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Dengan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Berbantuan Media Lkpd Pada Materi Bangun Ruang Balok Dan Kubus. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 86. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2620

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi sikap implikasi sosial dari IPA, ketertarikan menambah waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir dibidang IPA siswa SMP se-kabupaten Muaro Jambi. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).

Astiani, A., Martawijaya, M. A., & Hustim, R. (2015). Kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan tabel dan grafik fisika pada peserta didik Kelas X (MIA) SMA Barrang Lompo. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 166–175.

Bayir, E., Cakici, Y., & Ertas, O. (2014). Exploring natural and social scientists’ views of nature of science. International Journal of Science Education, 36(8), 1286–1312.

Dewi, V. A. K., & Erman, E. (2021). MODEL-MODEL PRAKTIK BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA: SEBUAH STUDI PERBANDINGAN. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 119–126.

Fihani, N. (2021). PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA KONSEP VIRUS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 186–192.

Fuady, A. (2017). Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18.

Hikmah, D., & Natsir, M. (2010). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-E SMPN 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Isnaini, A. (2019). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF CONFIDENCE ANTARA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GENDER. UNIMED.

Masamah, U. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUANAWAL MATEMATIKA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 1–18.

Mentari, N., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 31–42.

Ningrum, A. A., & Fauziah, H. N. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif dalam Menyelesaikan Permasalahan Berbasis Isu Sosial Ilmiah Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 87–98.

Nirmalasari, Santiani, H. M. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis, 4(3), 74–94.

Oktaviani, A. N., & Nugroho, S. E. (2015). Penerapan model creative problem solving pada pembelajaran kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1).

Perrina, R. O., Yurnetti, Y., Hidayati, H., & Sari, S. Y. (2020). Pembuatan perangkat pembelajaran ipa terpadu berbasis model creative problem solving pada materi getaran, gelombang, dan bunyi ipa smp/mts kelas viii. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 13(2).

Putri, N. E., Zulyadaini, Z., & Relawati, R. (2019). Studi perbandingan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 6 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 91–97.

Ridha, M. R., & Syaban, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Creative Problem Solving (CPS). SOSIOHUMANITAS, 18(1).

Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).

Sari, A. D., Hastuti, S., & Asmiati, A. (2020). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1115–1128.

Sarniah, S., Anwar, C., & Yunian Putra, R. W. (2019). Pengaruh Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 87–96.

Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922

Triyono, T., Senam, S., Jumadi, J., & Wilujeng, I. (2017). The Effects of Creative Problem Solving-based Learning Towards Students’ Creativities. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2), 229040.

Wang, C., & Horng, R. (2002). The effects of creative problem solving training on creativity, cognitive type and R&D performance. R&D Management, 32(1), 35–45.

Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan model Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 280138.

Yulita, R., & Amini, R. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. 3(2), 425–436.

Published
2022-11-29
Section
Articles