Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Inkuiri dengan Metode Demonstrasi

  • Silvia Nazahatul Shima IAIN Ponorogo
  • Sofwan Hadi IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Inkuiri, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif melalui pembelajaran yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demonstrasi. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik sangat berpengaruh terhadap pola pikir peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan di masa yang akan datang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster sampling dengan jenis penelitian nonequivalent control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 57 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam kategori baik. Hasil uji-t Two Tailed didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demosntrasi dan kelas yang tidak menggunakan model dan yang menerapkan model konvensional. Hasil uji-t One Tailed didapatkan hasil rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas yang menerapkan model Inkuiri dengan metode Demosntrasi lebih tinggi dibandingkan kelas yang menerapkan model konvensional.

References

Agustin, L. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Pada Materi Siklus Air Kelas V di SDN 2 Sengonbugel. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 167–177.

Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. PBEC, 13(1), 868–872.

Aprisiwi, R. C., Pd, S., Budiwati, D., Si, M., & Pd, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA Negeri 1 Godean Kelas X MIPA 1 Tahun pelajaran 2017/2018. 59–66.

Asmayani, D. (2014). Model pembelajaran Inqury dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri Tebing Tinggi Empat Lawang. TA’DIB, XIX(01), 43–62.

Asriani, R., Hakim, A., & Efwinda, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Pada Materi pada materi Momentum dan Impuls. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 34–43.

Cooper, R., & Ph, D. (2013). And Design : What Influence Do They Have On Girls ’ Interest In STEM Subject Areas ? 4(1), 27–38.

Ekayana, G. (2011). Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman. Skripsi, April.

Firmansyah, A. (2014). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Keragaman Sosial Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam di kelas IV SDN Makarti Jaya Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1).

Hadi, S. N., & Noor, A. J. (2013). Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri Dalam menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 60–67.

Hisniah. (2020). Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik 3 Kelas IV MI At Tahzib Kekait. Skripsi.

Lasmo, Siscawati Rizki, Singgih Bektiarso, dan A. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan teknik Probing-Prompting Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 06(02), 166–172.

Luthfiana, M., & Purwasi, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 126–134.

Patimapat, M., Duda, H. J., & Supiandi, M. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Siswa. JPBIO Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2019), 9–20. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.366

Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. PBEC, 13(1), 330–334.

Qomariyah, D. N., Subekti, H., Surabaya, U. N., & Kreatif, B. (2021). PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS. 9(2), 242–246.

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 63–70.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rusdi, A., & Sipahutar, H. (2017). Hubungan kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Terhadap Sains Dengan Literasi Sains Pada Siswa Kelas XI IPA MAN. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 72–80.

Setiawan, A. (2011). Pembelajaran inkuiri dengan pendekatan demonstrasi pada pokok bahasan bunyi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ipa fisika siswa smp. Skripsi.

Setyabudi, I. (2012). HUBUNGAN ANTARA ADVERSITI DAN INTELIGENSI DENGAN. Jurnal Psikologi, 9(1), 1–8.

Siagian, A. P. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non_elektrolit. Skripsi, 1–62.

Sintya, W. K., Purwanto, A., & Sakti, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Junal Kumparan Fisika, 1(3), 7–12.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Turiman. (2018). Pengaruh pembelajaran dengan metode demontrasi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematik serta motivasi belajar siswa smp. Jurnal PRISMA, VII(2), 206–216.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Published
2022-11-29
Section
Articles