Peran Protein: ASI dalam Meningkatkan Kecerdasan Anak untuk Menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045 dan Relevansi Dengan Al-Qur’an

  • Desi Dwi Anissa UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Ratna Kumala Dewi UIN Sayyid Ali Rahmatullah
Keywords: ASI; Bonus Demografi 2045; Kecerdasan; Protein; Al-Quran;

Abstract

Protein memiliki fungsi yaitu sebagai unsur utama dan pembentuk jaringan organ pada tubuh manusia. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur yaitu dengan mencari sumber landasan teori berupa dokumen sekunder dengan analisis isi. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar mengetahui peran penting ASI bagi kecerdasan anak untuk menyiapkan Indonesia Emas 2045 dengan relevansi Al-Quran. ASI merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber protein yang ideal untuk bayi baik dari segi kesehatan fisik maupun psikisnya. ASI sebagai sumber nutrisi utamanya. Pemberian ASI kepada bayi secara eksklusif memiliki berbagai manfaat yaitu meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan sistem kekebalan (protect) tubuh bayi. Peran protein salah satunya yaitu ASI sangat penting dalam perkembangan otak, perkembangan dan pertumbuhan bayi. Kandungan taurin, DHA dan AA dapat meningkatkan kecerdasan anak. Namun Allah telah berfirman dalam Q.S al-Baqarah (2): 233 dan Q.S Luqman (31): 14. Oleh karena itu, kecerdasan anak itu penting ketika mendapatkan ASI yang cukup agar dapat tercipta generasi penerus bangsa yang dapat menyongsong bonus demografi Indonesia Emas 2045.

References

Asnawati. Ibrahim Bafadhol, Ade Wahidin. (2019). Pemberian ASI pada Anak dalam Perspektif Al Qur’an. STAI Al-Hidayah Bogor. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. IV(1), 85-98

Azhar, M. (2016). Biomolekul Sel Karbohidrat, Protein dan Ezim. Journal of Chemical Information and Modeling.

Darman, Regina Ade et al. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika. 3 (2), 73-87.

Diana, Fivi Melva. (2013). Omega 3 dan Kecerdasan Anak: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 7(2), 82-88

Djuwita, Warni. 2011. Anak dan Pendidikan Usia Dini dalam Cakrawala Al-Qur’an dan Hadist: Ulumuna: Journal of Islamic Studies. XV(1), 119-140

Hadisuyitno, Juin. B. Doddy Riyadi. (2018). Pengaruh Pemakaian Buku Saku Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Balita dan Konsumsi Energi dan Protein Balita: Jurnal Ilmiah Universitas Wisnuwardhana Malang, 28(2), 60-66

Hanur, Binti Su’aidah. (2019). Memantik Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini melalui Pemberian Gizi Seimbang dalam Perpektif Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Samawat. 03 (02), 59-72

Izzah, Aliani. Sri Hindriastuti. (2018). Menggali Keefektifan Peran Ibu dengan Anak Usia Dini Pra Sekolah selama berada di Rutan Kudus: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6(1), 16-76

Prameswari, G. N., Kurnia, A. R. and Susilo, M. T. (2019). Peningkatan Pengetahuan Ibu melalui Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Ikan: Higeia Journal of Public Health Research and Development. 3(3), 84-94.

Regar, Mhd Arifin Si. (2004). Pemberian ASI Ekslusif dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. USU Digital Library.

Rismayanthi, Cerika. (2006). Konsumsi Protein untuk Peningkatan Prestasi. Medikora. 2 (2) 135-145

Rokhmah, Faizzatur. Lailatul Muniroh. Triska Susila Nindya. (2016). Hubungan Tingkat Kecukupan Energi dan Gizi Makro dengan Status Gizi Siswi SMA di Pondok Pesantren Al-Izzah Kota Batu: Jurnal Media Gizi Indonesia. 11 (1), 94-100

Saputra, Andrian Reza. (2016). Peran Pemberian ASI Eksklusif terhadap Status Gizi dan Tumbuh Kembang pada Anak Usia Dini. Universitas Lampung. J Agmromad Unila. 3(1), 30-34

Sinaga, Elvalini Warnelis. Nova Linda Rambe. (2021). Peningkatan Pengetahuan Ibu dalam Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 0-6 Bulan: Ji SOMBA (Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat). 1(1), 14-19

Sukamti, Endang Rini. (1994). Pengaruh Gizi terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Cakrawala Pendidikan. XIII (3), 139-153

Susanti, Nurlaili. (2011). Peran Ibu Menyusui yang Bekerja dalam Pemberian ASI Eksklusif bagi Bayinya: Egalita Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender. VI (2), 165-176

Published
2021-11-29
Section
Articles