Meta Analisis Latar Belakang Berbagai Strategi dan Media Pembelajaran IPA di SMP
Abstract
Penelitian meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang berbagai strategi pada pembelajaran IPA di SMP. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi.Sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang berkaitan dengan penelitian tentang latar belakang berbagai strategi dan media pembelajaran IPA di SMP dengan rincian sebagai berikut; 13 penelitian eksperimen, 3 penelitian survei, 2 penelitian deksriptif, 2 penelitian pengembangan, 2 penelitian literatur, dan 6 penelitian tindakan kelas. Enam penelitian tindakan kelas akan dijadikan sebagai sampel untuk mencari latar belakang penerapan berbagai strategi dan media pembelajaran IPA di SMP, sedangkan 10 penelitian lainnya ditambah dengan 6 penelitian tindakan kelas yang ada digunakan sebagai bahan pendukung untuk memetakan latar belakang. Berdasarkan hasil kajian meta analisis diperoleh bahwa sebesar 29,41% berbagai strategi dan media pembelajan IPA di latarbelakangi oleh guru yang kurang memanfaatkan strategi pembelajaran. Selain itu juga terdapat 4 permasalahan yang melatar belakangi penelitian-penelitian terkait atau muncul antara lain umumnya siswa pasif, kurangnya pengembangan media pembelajaran yang menarik, Materi terlalu abstrak dan rendahnya motivasi belajar siswa.Jadi,dari hasil metaanalisis ini tterdapat berbagai latar belakang dalam menerapkan strategi dan media pembelajaran IPA di SMP antara lain guru kurang mampu memanfaatkan strategi pembelajaran,umumnya siswa pasif,kurangnya pengembangan media pembelajaran yang menarik, materi terlalu abstrak dan rendahnya motivasi belajar siswa.
References
Adi W. Gunawan. (2006). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Cheader Al-wasilah. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Daniel Muijs & David Reynolds, (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Degeng N. S. (1999). Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.
Djamarah, S. B. dan Zain, A.(2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eijl, P. J. V. A. N., Pilot, A. & Voogd, P. D. E. (2005). Effects of Collaborative and Individual Learning in a Blended learning Environment. Educational and Information Technologies 10(1): 51-65.
Elizabert E. Barkley, K. Patricia Cross, Clarie Howell Major. (2004) Collaborative Learning Techniques. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Elizabeth B Hurlock. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Khasanah, Binti (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Accelerated Learning By Discover (Alid) Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Biologi Di MTS Wathoniah Islamiyah Kebumen, Eprints UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Indonesia
Martinis Yamin. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jambi: Gaung Persada Press
Merriyana, R. (2006). Meta-analisis Penelitian Alternatif Bagi Guru: Jurnal Pendidikan Penabur, 5(6), 102-106
Nana Sudjana. (2009) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasioanal Pendidikan.
Priliza, Masayu Diska, Nur Lestar, I Eayan Mert. I Putu Artayasa. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA: Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 130-134
Setiadi EM, Hakam KA & Effendi R. (2013). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
Sujarwanto, Imam. (2012). Interaksi Sosial Antar Umat Beragama (Studi Kasus pada Masyarakat Karangmalang Kedungbanteng Kabupaten Tegal): Journal of Educational Social Studies, 1(2), 60-65. https://doi.org/10.15294/jess.v1i2.731
Suparno, Paul. (2008). Riset Tindakan untuk Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Suyatno. (2009) Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka).
Syaiful Djamarah. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Sinar Baru Algensindo.
Ulandari, Nelpita. Rahmi Putri, Febria Ningsih, Aan Putra. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2), 227-237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.