Kesulitan Guru SMP Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning
Abstract
Abad 21 menuntut siswa untuk mandiri dalam memecahkan masalah yang didukung dengan adanya kurikulum 2013. Penggunaan model pembelajaran disekolah yang membentuk karakter siswa untuk mandiri dalam memecahkan sebuah masalah. Tujuan dari penelitian yaitu menemukan sebuah kendala guru saat mengimplementasikan model pembelajaran DL (Discovery Learning) dan PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, memakai sampel 2 guru mata pelajaran IPA, kelas VIII sejumlah 20 siswa dan kelas IX sejumlah 10 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan penilaian guru berdasarkan keterlaksanaan sintaks model pembelajaran DL dan PBL, wawancara, dan angket siswa. Pengamatan dari penelitian telah ditemukan bahwa guru sudah mengimplementasikan model pembelajaran problem based learning serta discovery learning namun masih terdapat kesulitan yang dialami guru dalam menjelaskan saat pengolahan data, pengawasan dan pengelolaan dalam kelas, serta membimbing siswa menarik kesimpulan permasalahan
References
Agustina, Lina. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Delanggu. Biology Education Conference, 15 (1), 116-119
Ahmad, S. (2013). Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah”: Jurnal Pencerahan, 8(2), 98-108.
Astri Ayu dkk. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar: Renjana Pendidikan Dasar, 1 (3), 175-182.
Astuti, Meira Sylvia. (2015). Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Belajar siswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Leaning. Scholaria. 5 (1): 10-23.
Dimas, Arifian dkk. (2017). The Description Of Teacher's Difficulties In Implementing POE Learning Model. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, 174-177
Duch, J.B. (1995). Problem Based Learning in Physics: The Power of Student Teaching Student [Online]. Tersedia: http://www.udel.edu/pbl/cte/jan95-phys.html [30 Oktober 2021]
Finkle, S. L., & Torp, L. L. (1995). Introductory Documents. Illinois math and science academy. Aurora, Illinois.
Fitri, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI: Inovasi Pembelajaran Fisika, 3 (2).
Fogarty, R. (1997). Problem-based learning and other curriculum models for the multiple intelligences classroom. Arlington Heights Illionis: Sky Light.
Friani, Indah Fajar dkk. (2017). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1), 88-97.
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalla Indonesia.
Undang-Undang Nomor 14 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Mariamah & Ruwaidah. (2019). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di SDN Belo: Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2 (1), 528-558.
Mislinawati, dan Nurmasyitah, (2018). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada SD Negeri 62 Banda Aceh: Jurnal Pesona Dasar 6(2), 22-32.
Mulyasa. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Jaya.
Palobo, Markus dkk. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik 23 (2), 307-316.
Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Saraswati, E., Rusdi, M., dan Syamsurizal. (2011). Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa: Jurnal Tekno-Pedagogi, 2 (1), 1-14.
Shoimim, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.
Tyas, Retnaning. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika: Jurnal Tecnoscienza 2 (1), 44-52.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.