Peningkatan Kemampuan Refleksi Peserta Didik dengan Penerapan Model STM Berbasis Google Form

  • Ana Miftachul Masruroh IAIN PONOROGO
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
  • Ulinnuha Nur Faizah IAIN Ponorogo
  • Muhamad Khoirul Anwar IAIN Ponorogo
Keywords: model STM; google form; kemampuan refleksi; pembelajaran IPA;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Keterlaksanaan pembelajaran model STM berbasis google form, 2) Keefektivitas model STM berbasis google form dalam meningkatkan kemampuan refleksi peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, dan 3) Respons peserta didik model STM berbasis google form. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif Quasi Experimental.dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen ) dan VII B (kelas kontrol) yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STM berbasis google form terbukti dapat meningkatkan kemampuan refleksi peserta didik serta dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik. Temuan lain dalam penelitian yaitu: 1) proses pembelajran berjalan dengan baik, 2) nilai hasil belajar kelas eksperimen dalam meningkatkan kemampuan refleksi lebih baik daripada kelas konvensional, dan 3) respons peserta didik baik. Saran dalam penelitian yaitu diharapkan untuk menggunakan model STM berbasis google form karena model ini dapat membangun kemampuan refleksi peserta didik dalam kebenaran dan apa yang ditanyakan dalam  permasalahan.

References

Afni, N., Khairil, K., & Abdullah, A. (2017). Penerapan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Di Sma Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 77. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.238

Afni, N., & Rokhimawan, M. A. (2018). Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 47–68. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.129

Agustini, D., & Suardana, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Terhadap Penguasaan Materi Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Mts. Negeri Patas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1833

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Ferismayanti. (2012). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh Oleh: Ferismayanti, M.Pd. https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/mengoptimalkan-pemanfaatan-google-sites-dalam-pembelajaran-jarak-jauh

Hasjunianti. (2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat ( STM ) untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Energi dan Penggunaannya Pada Siswa Kelas IV SDN 024 Salukaili. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 113–128.

Kartini, I. I., Rohaeti, E. E., & Fatimah, S. (2020). Gambaran Motivasi Belajar Peserta Didik Saat Pandemi Covid 19. Fokus, 3(4), 140–150.

Kholifah, L. N. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Syekh Subakir Nglegok Blitar. 88–103. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3576

Makhvudah, C., Eka, K. I., & Bramasta, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran STM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV SD Negeri Pesanggrahan 02. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 113–121. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.522

Maya Siti Maemunah1, Y. M. 1IAIN S. N. (2013). Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X Di Man 2 Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia, 2(2).

Purnamasari, R., Hidayat, A., & Maspupah, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi,Vol37, No.1/2, 1–27.

Sartika, R. P. (2015). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan Model Siklus Belajar 5E Berbantuan Multimedia Pada Materi Koloid. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3), 1420–1430. https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.9023

Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of Science Literacy Ability of Junior High School Students Based on Programme for International Student Assessement (Pisa). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922

Uswatun, D. A., Wilujeng, I., & Hastuti, P. W. (2016). Modul IPA Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa. Utile: Jurnal Kependidikan, 02, 1–7. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/277

Published
2021-07-26
Section
Articles