Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Reading Aloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Literasi Ilmiah Peserta Didik MTS Kelas VIII

  • Rahma Dhiyaul Imaroh IAIN Ponorogo
  • Hanin Niswatul Fauziah IAIN Ponorogo
Keywords: Kemampuan menulis literasi ilmiah; Reading; Reading Aloud; Treffinger;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud terhadap kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 4 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 47 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 4 Ponorogo. Instrumen pengambilan data menggunakan soal tes berupa essay yang diberikan kepada peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud. Data dianalisis dengan uji-t menggunakan aplikasi Minitab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai P-Value sebesar 0,000. Karena nilai P-Value kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud dengan kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

References

Adnan, N. I. dan E. H. (2016). Pengetahuan Kebahasaan Dan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa Fkip-Unsa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Awalin, N. A., & Ismono. (2021). The Implementation of Problem Based Learning Model With STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Approach to Train Students’ Science Process Skills of XI Graders on Chemical Equilibrium Topic. INSECTA Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 1–14.

Cronje, R., Murray, K., Rohlinger, S., & Wellnitz, T. (2013). Using the science writing heuristic to improve undergraduate writing in biology. International Journal of Science Education, 35(16), 2718–2731. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.628344

Eprilian, Dianty. Sudirman, A. Sofiani, S. R. (2015). Penerapan Model Treffinger Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa. PGSD UPP Metro FKIP UNILA Jln. Budi Utomo No. 4 Metro Selatan, Kota Metro Selatan, Kota Metro.

Fitriani, F., Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Analitis Siswa pada Tema Pewarisan Sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55–67.

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.

Hidayatulloh, W., & Nurhayati, S. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1712–1720.

Hohenshell, L. M., & Hand, B. (2006). Writing-to-learn strategies in secondary school cell biology: A mixed method study. International Journal of Science Education, 28(2–3), 261–289. https://doi.org/10.1080/09500690500336965

Jannah, F., Fadly, W., & Aristiawan, A. (2021). Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Tema Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 1–16.

Maygayanti, N. M. E., Agustini, K., & Sunarya, I. M. G. (2016). Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas XI Di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 5(2), 1–10.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 318–327.

Nismalasari. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Leraning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Jurnal Edu Sains 2, 83.

Nurjannah, H., Saputro, A., Geografi, J., Matematika, F., & Ilmu, D. A. N. (2020). The Application of The Treffinger Learning Model in Learning Geography. 19(1), 113–127.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9, 34–42.

Rohaenitasari, W. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMA Melalui Praktikum Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Pada Materi Stoikiometri Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.Upi.Edu Perpustakaan.Upi.Edu, 9, 40.

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Journal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117.

Shadily Hassan, E. J. M. (2005). Kamus Inggris Indonesia (Cet. 26). PT Gramedia.

Strube, P., & Lynch, P. P. (1984). Some influences on the modern science text: Alternative science writing. European Journal of Science Education, 6(4), 321–338. https://doi.org/10.1080/0140528840060403

Sukardi, B., & Indah. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas Ix Smp Negeri I Bringin Dengan Pembelajaran Saintifik Berbasis Media Massa. Jurnal Unimus, 118–141.

Teti Rohaeti, I. (2013). Penerapan Model Treffinger Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia, repository, 1–10.

Ustianingsih, L., & Riwayanti, L. P. (2016). Pengaruh Metode Reading Aloud Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3 No 2(23557083), 542–551.

van Opstal, M. T., & Daubenmire, P. L. (2015). Extending Students’ Practice of Metacognitive Regulation Skills with the Science Writing Heuristic. International Journal of Science Education, 37(7), 1089–1112. https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1019385

Widaningsih. (2014). Strategi Curiosity Based Learning dalam pembelajaran menulis teks ilmiah populer di kelas VII SMP Negeri 3 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, volume 3 N, 45–59.

Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2), 104445.

Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(1), 30–40. https://doi.org/10.17977/um17v23i12018p030

Zahro, R., & Pertiwi, F. N. (2021). Analisis Komparasi Ketrampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 23–33.

Published
2021-11-27
Section
Articles