Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbasis STEM Education terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa
Abstract
Berpikir ilmiah merupakan pengasahan pikiran pada pembelajaran efektif yang bertujuan untuk berpikir secara meluas, sistematis, dan teliti. Children Learning In Science (CLIS) merupakan model pembelajaran yang mengutamakan pengembangan ide-ide atau gagasan peserta didik melalui eksperimen. STEM berasal dari susunan kata science, technology, engineering, and matehematics. STEM mengacu pada pengajaran, perkembangan, mengintegrasikan berdasarkan 4 disiplin ilmu dan keterampilan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika guna dapat memecahkan masalah zaman era baru abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan yang menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbasis STEM Education lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbasis STEM Education di MTsN 1 Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan 2 sampel kelas VII yaitu VIIA (eksperimen) dan VIIB (kontrol). Pengumpulan data melalui Pre Test, Pos Test, dan lembar pengamatan. Analisis deskriptif kuantitatif menggunakan rumus uji N-gain dan uji-t (one-tailed dan two-tailed) yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menggunakan Minitab uji-t two-tailed diketahui P-Value 0,040 dan uji-t one-tailed diketahui P-Value 0,020 maka H0 ditolak. Sehingga, Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbasis STEM Education efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa.
References
Agustina, R., Huda, I., & Nurmaliah, C. (2020). Implementasi pembelajaran STEM pada materi sistem reproduksi tumbuhan dan hewan terhadap kemampuan berpikir ilmiah peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 241–256.
Anas, N. (2016). Analisis kemampuan berpikir ilmiah (scientific thinking) siswa SD Tekad Mulia. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan NIZHAMIYAH, 6(1), 18–29.
Anggraini, A. F., & Suciati, M. (2018). Identifikasi kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Turi, Sleman. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 01, 48–52.
Anwar, M., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Penerapan pembelajaran CLIS (children learning in science) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 154–159.
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran childrens learning in science (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124–132.
Asih, F., & Yusuf, K. (2016). Penerapan model pembelajaran children learning in science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 2(3), 20–23.
Dermawan, Z., & Suciati, W. S. (2018). Identifikasi kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas XI IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 01(1), 40–44.
Fajrian, M. O. (2017). Penerapan model pembelajaran children learning in science (CLIS) pada materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP. Repository UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Faradita, M. N. (2018). Penerapan pembelajaran CLIS dengan menggunakan alat peraga sederhana untuk meningkatkan keterampilan berpikir pemecahan masalah. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2), 133–142.
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah dan berpikir tingkat tinggi siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.
Ismail, A. (2015). Penerapan model pembelajaran children learning in science (CLIS) berbantuan multimedia untuk meningkatkan penguasaan konsep Fisika siswa SMA. Jurnal Petik, 1(1), 19–25.
Laili, Y. N., Mahardika, I. K., & Ghani, A. A. (2015). Pengaruh model children learning in science (CLIS) disertai LKS berbasis multirepresentasi terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 171–175.
Li, Y., Wang, K., Xiao, Y., Froyd, J. E., & Nite, S. B. (2020). Research and trends in STEM education: a systematic analysis of publicly funded projects. IJ STEM Ed 7 (17). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00213-8
Mulyani, D. F., & Arif, S. (2021). Implementation of Project Based Learning (Pjbl) Based on Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) To Improve Metacognitive Thinking Ability. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 117–129. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2931
Sari, R. R., & Gani, A. A. (2015). Model pembelajaran CLIS (children learning in science) dengan orientasi melalui observasi gejala fisis dalam pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4), 324–329.
Wibowo, I. G. A. W. (2018). Peningkatan keterampilan ilmiah peserta didik dalam pembelajaran fisika melalui penerapan pendekatan STEM dan E-Learning. Journal of Education Action Research, 2(4), 315–321.
Zahro, U. S., Ellianawati, E., & Wahyuni, S. (2019). Pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatih kreativitas dan keterampilan berpikir ilmiah siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 1–7.
Zulfa, A. R. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis think talk write pada tema sistem organ manusia untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains di SMP N 2 Ponorogo. electronic theses IAIN Ponorogo.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.