Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Outdoor Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan outdoor learning terhadap kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Al Mukarrom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 49 peserta didik. Instrumen pengambilan data menggunakan tes essay yang diberikan sebelum dan sesudah implementasi model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan outdoor learning. Data dianalisis dengan uji-t menggunakan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan outdoor learning efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah.
References
Ardiawan, I. K. N., & Diari, K. P. Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 5(1), 10–16.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Dina Afriani Pitri, Tri Jalmo, B. Y. (2017). Hubungan Cara Belajar dengan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IX di Metro. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 5 No 4
Drs. H.M Idris Hasibuan, M. P. (2020). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). II(01), 1–12. https://doi.org/10.35542/osf.io/8qy5f
Erin Radien Simbolon, F. S. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbais Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP. EDUSAINS, VII(01), 98–104.
Indrawati. (2011). Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-model Pembelajaran. Implementasinya dalam Pembelajaran. Repository Universitas Jember
Kadir, abdul. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38.
Nellyati, P. (2014). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kecakapan Hidup Pada Materi Ekosistem Di MTs Al-Washliyah Lhokseumawe: Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol . III No . 4, 39–45.
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamatis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190.
Paloloang, B., & Tandiayuk, B. (2007). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas IV SDN 1 Balukang. Jurnal Kreatif Online Vol 7 No 1, 104–115.
Pertiwi, F. N. (2020). Problem Based Learning Model through Constextual Approach Related with Science Problem Solving Ability of Junior High School Students. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal 1(1), 50–58.
Prastiwi, M. D., & Nurita, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pensa, 06(02), 98–103.
Rahayu, S., & Sunarno, W. (2013). Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Kontekstual Menggunakan Simulasi Komputer Dan Model Kerja Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9802
Rifqi Zahro, F. N. P. (2021). Analisis Komparasi Ketrampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia (1), 23–33.
Rosdiana Meliana Situmorang, Muhibbudin, K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, 3(2), 87–90.
Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual Ipa Melalui Outdoor Learning Di Sd Alam Ar-Ridho Semarang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 30. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.97
Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051
Surya Hafnidar, Abdul Ghani, Zulkarnain Jalil. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan pemahaman peserta didik SMP pada materi sifat-sifat cahaya. Journal Pendidikan Sains Indonesia, 04(02), 61–68.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.