Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Menarik Kesimpulan Peserta Didik

  • Afif Nikmatul Khilma Ngilmaya IAIN Ponorogo
  • Edi Irawan IAIN Ponorogo
  • Fitin Ifariyah MTs Ma’arif Klego Ponorogo
Keywords: guided inquiry; kemampuan menarik kesimpulan; model inkuiri terbimbing;

Abstract

Keterampilan proses sains mempunyai beberapa sub keterampilan salah satunya menyimpulkan. Model inkuiri merupakan pendekatan yang mengajarkan peserta didik untuk meletakkan dasar maupun mengembangkan pola berpikir secara ilmiah untuk dapat menarik sebuah kesimpulan. Tujuan penelitian ini untukmengetahui apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan menarik kesimpulan peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatifdalam bentuk desain eksperimen, jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain quasi eksperimen dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelompok yang tidak dipilih secara acak/random. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Februari 2021  di MTs Ma’arif Klego dengan jumlah sampel penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 30 peserta didik, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII A (eksperimen) dan kelas VII B (kontrol). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Februari 2021  di MTs Ma’arif Klego. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing  lebih efektif dibandingkan model pelajaran konvensional dalam kemampuan menarik kesimpulan, hal tersebut dapat diketahui dari nilai estimate for difference sebesar 9,87.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Fendrik, M. (2017). The Effect Of Media Visual In Tree Dimensions Towards The Result Of Math Learning At Elementary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 1–15.

Hamidah, U. N., & Mubarak, F. A. M. (2020). Analysis of Students’ Ability to Making Conclusions in Learning of Static Electricity. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal (INSECTA), 1(1), 1–16.

Hapsari, D. P., Suciati Sudarisman, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Biologi, 4(3), 16–28.

Hartanto, N., Hidayat, A., & Hakim, F. (2016). Rancang Bangun Media Pembelajaran IPA Organ Pencernaan Berbasis Role Playing Game Untuk Kelas V SD. Komputaki, 1(1).

Imansari, M., & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).

Irawan, E. (2014). Pengantar statistika penelitian pendidikan. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.

Kurnianto, P., Dwijananti, P., & Khumaedi. (2012). Pengembangan Kemampuan Menyimpulkan Dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Fisika Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 6–9.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Malo, M. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap keaktifan dan Hasil Belajar Mtematika pada Siswa kelas VII SMp Santo Aloysius Turi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 1–240.

Millis, G. E. (2003). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan Islam. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 114.

Ramadhan, R., Maulana, A., & Rochadi, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (Sketch Up) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Macam-Macam Pekerjaan Konstruksi Kayu. Jurnal PenSil, 7(1), 35–44. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.4

Simbolon, Dedi Holden, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 299. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.192

Sri Sumartini, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa, 5(1), 1–10.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., & Sudin, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Pictorial Riddle. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 331–340.

Wafi, U. H., & Arif, S. (2020). The Effect Of The Application Of The Guided Inquiry Model With The Problem Solving Approach On Students ’Observation Skills In Additive And Addictive Materials. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(2), 143–154. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i2.2393

Wuryani, T. ; S. S. C. (2014). Peningkatan kemampuan siswa membuat kesimpulan dari informasi yang didengar melalui metode inkuiri. 9(1), 40–48.

Published
2021-07-26
Section
Articles