Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VII pada Tema Pencemaran Lingkungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) kemampuan berpikir logis peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir logis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Haberman. Subjek penelitian ini terdiri enam peserta didik, dengan kriteria dua berkemampuan tinggi, dua berkemampuan sedang, dan dua berkemampuan rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes pencemaran lingkungan dengan tiga tahapan berpikir logis yaitu keruntuan berpikir, kemampuan berargumentasi, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis berpikir logis menunjukkan bahwa, 1) Subjek dengan kriteria berkemampuan tinggi menunjukkan kemampuan berpikir logis yang baik. Kemudian subjek dengan kriteria berkemampuan sedang menunjukkan kemampuan berpikir logis yang cukup. Sedangkan subjek dengan kriteria berkemampuan rendah menunjukkan kemampuan berpikir logis yang kurang. 2) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir logis peserta didik di SMP Ma’arif 1 Ponorogo adalah motivasi, kemampuan awal, strategi pembelajaran, dan kondisi fisik.
References
Badriah, L., & Maaruf, Z. (n.d.). Analysis of Student ’ S Logical Thinking Ability By a Contextual Approach on Sound Material in 8 Th Grade Smp Negeri 40 Pekanbaru Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bunyi Di Kelas Viii Smp Negeri 40 Pekanbaru. 5, 1–12.
Dewi, E., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X SMAN 22 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 02(03), 936–950.
Fauzan, G. A., Agina, S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Kemampuan dan Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa SMP dengan Penggunaan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.169
Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., & Nisrina, N. (2018). Improving students’ creativity using cooperative learning with virtual media on static fluida concept. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012016
Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(2), 141–158.
Handayani, A. S., & Westhisi, S. M. (2021). Kemampuan Berpikir Logis Pada Kelompok B Di Tk. 4(2), 136–143.
Hifni, M., & Turnip, B. (2015). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Macromedia Flash Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2563
Imamah, A. N., Warli, & Surawan. (2017). Profil Berpikir Logis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. 2(September), 257–262.
Istinaro, U., & Setianingsih, R. (2019). Profil Penalaran Aljabar Siswa SMA yang Memiliki Kecerdasan Linguistik dan Logis-Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 8(3).
Noviani, J., Hakim, H., & Jarwandi, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Peluang Di Kelas Ix Smp Negeri 1 Takengon. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1604
Pada, M., Kelas, S., & Negeri, V.-S. M. P. (2014). MATHE dunesa. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42–48.
Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. (2017). Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7866
Prasetyaningrum, E. Y. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 87. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3696
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Surat, I. M. (2016). Pembentukan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 57–65.
Swestyani, S., Masykuri, M., Prayitno, B. A., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2018). An analysis of logical thinking using mind mapping. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012020
Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718
Wiji, W., Liliasari, L., Sopandi, W., & Martoprawiro, M. A. K. (2014). Kemampuan Berpikir Logis Dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 147–156. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1871
Zulfickar, R., & Oktariani, M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Logical Thinking Peserta Didik Pada SMAN 1 Riau Silip Kabupaten Bangka. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 139–144.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.