Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP

  • Febrianto Yopi Indrawan IAIN Ponorogo
  • Edi Irawan IAIN Ponorogo
  • Titah Sayekti IAIN Ponorogo
  • Izza Aliyatul Muna IAIN Ponorogo
Keywords: Metode jigsaw, Pembelajaran daring, Keterampilan kolaborasi

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang dikembangkan dalam kemampuan abad 21 yang menemukan masalah dalam pengembangannya pada masa pandemi covid 19. Metode jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bisa meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan keterampilan kolaborasi siswa antara kelas jigsaw daring dan video daring, (2) bagaimana keterampilan kolaborasi siswa metode jigsaw daring. Penelitian  dirancang dengan menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan model eksperimen kelas. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Ponorogo  menggunakan sampel 60 peserta didik yang dibagi kedalam 2 kelas dipilih secara random dengan metode berbeda, yaitu kelas jigsaw daring dan video daring. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen post-test yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan komputasi data perangkat lunak. Berdasarkan analisis data ditemukan jawaban jika (1) Model pembelajaran jigsaw daring lebih baik dari pada kelas video daring dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi, (2) Hasil keterampilan kolaborasi siswa dengan metode pembelajaran jigsaw daring peningkatan maksimal pada indikator fleksibilitas (7,812) dan kurang efektif pada indikator tanggung jawab (6,500). Metode jigsaw daring mampu mempengaruhi dan meningkatkan keterampilan kolaborasi. Metode jigsaw daring sangat efektif dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran daring.

References

Anggelita, D. M., Mustaji, M., & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 23. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3323

Aryanti, R. D. (2015). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Tipe Belajar Bersama (Learning Together) Pada Mata Peljaran Kontruksi Bangunan Kelas X Di SMK Negri 9 Garut [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/16005/

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 282. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Astuti, R. D., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan pembelajaran jigsaw dan TAI ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 238–249. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7339

Bennett, J., & Pence, H. E. (2011). Managing laboratory data using cloud computing as an organizational tool. Journal of Chemical Education, 88(6), 763. https://doi.org/10.1021/ed1005745

Chan, E. Y. M. (2019). Blended learning dilemma: Teacher education in the Confucian heritage culture. Australian Journal of Teacher Education (Online), 44(1), 36. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v44n1.3

Chang, W., & Benson, V. (2020). Jigsaw teaching method for collaboration on cloud platforms. Innovations in Education and Teaching International, 00(00), 9. https://doi.org/10.1080/14703297.2020.1792332

Cholis, M. R. N., & Yulianti, D. (2020). Pembelajaran Fisika Berbasis Science Technology Engineering And Mathematics (Stem) Untuk Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(3), 250. https://doi.org/10.15294/upej.v9i3.45865

DeBoer, G. E. (2000). Scientific literacy: Another look at its historical and contemporary meanings and its relationship to science education reform. Journal of Research in Science Teaching, 37(6), 597. https://doi.org/10.1002/1098-2736(200008)37:6<582::AID-TEA5>3.0.CO;2-L

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 56. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Febrini. (2013). Penggunaan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar di sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 2(No 9), 3. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3224/3200

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 166. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.

Hertiavi, M. A. d, Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 54. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1104

Irawan, E., Ahmadi, A., Prianggono, A., Saputro, A. D., & Rachmadhani, M. S. (2020). Youtube Channel Development on Education: Virtual Learning Solutions during the Covid. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 2469–2478.

Istarani, Abdussalam, & Siddik, M. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Pozzi, F. (2010). Using Jigsaw and Case Study for supporting online collaborative learning. Computers & Education, 55(1), 71. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.12.003

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 863–864. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 216. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Salim, A. (2013). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol 2(No 3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1358

Sulastri, S., & Pertiwi, F. N. (2020). Problem Based Learning Model Through Constextual Approach Related With Science Problem Solving Ability Of Junior High School Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 50–58.

Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran. Ta’dib Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 211. https://doi.org/10.19109/td.v16i02.61

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 32. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Vanalita, M., Jalmo, T., & Marpaung, R. R. T. (2014). Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(9), 6. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/6184

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad, 21(10),

Published
2021-11-27
Section
Articles