Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pendekatan Scientific Literacy Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa SMP

  • Riscka Ayu Wardani IAIN Ponorogo
  • Faninda Novika Pertiwi IAIN Ponorogo
Keywords: kemampuan berkomunikasi; inquiry; scientific literacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Inquiry berbasis pendekatan Scientific Literacy terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes uraian. Dengan data yang diperoleh adalah rata-rata nilai pre test dan post test kelas eksperimen dan kontrol. Sumber datanya seluruh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Berdasarkan hasil uji t (independet sample t-test) hasil dari penghitungan SPPS menunjukan signifikan 0,016 diketahui jika 0,016 < 0,05. Dan hasil uji-t one tailed juga menunjukan bahwa P-Value sebesar 0,008 lebih kecil daripada 0,05 yang berarti bahwa rata-rata nilai kelas dengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis pendekatan scientific literacy lebih efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dibandingkan model pembelajaran inquiry tanpa pendekatan scientific literacy.

References

Asmayani, D. (2014). Model pembelajaran inquiry dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII Mts Negeri Tebing Tinggi Empat Lawang. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, XIX(01), 43–62.

Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan model inside outside circle untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran IPA di kelas tinggi. Jurnal Utile: Jurnal Kependidikan, VI(1),85-91. https://doi.org/10.37150/jut.v6i1.720

Fatchan, A., & Soekamto, H. (2005). Pengaruh model pembelajaran science, environment, technology, society (SETS) terhadap kemampuan berkomunikasi secara tertulis berupa penulisan karya ilmiah bidang Geografi SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 33-40.

Fatchan, A., & Soekamto, H. (2013). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Hidayati, Fitri dan Julianto. (2018). Penerapan literasi sains dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 180-184.

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2007). The nature of science education for enhancing scientific literacy. International Journal of Science Education, 29(11), 1347–1362. http://doi.org/10.1080/0950069-0601007549.

Ika, Y. E. (2018). Pembelajaran berbasis laboratorium IPA untuk melatih keterampilan komunikasi ilmiah siswa SMP kelas VII. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 2(2), 101–113. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.338

Indah Fatoni, JS. Sukardjo, B. U. (2013). Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dilengkapi lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok kelas XI semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 159–164.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120.

Kalista, H. (2014). Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan menarik kesimpulan dan kemampuan berkomunikasi siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X di SMAN 2 Sleman. ePrints Universitas Negeri Yogyakarta.

Namirah, E. (2016). Upaya meningkatkan komunikasi siswa dengan pembelajaran inkuiti berbantuan sofware Geogebrai. Repository Universitas Pasundan Bandung.

Nurdiyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. ePrints Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pramono, H. (2019). Upaya peningkatan kemampuan kognitif dan komunikasi ilmiah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis menggunakan model pembelajaran inquiry. Difraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1(1), 1–10.

Sugiarti, E., Susanto, H., & Khanafiyah, S. (2015). Pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis metode pictorial riddle terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. 4(3), 94-101. https://doi.org/10.15294/upej.v4i3.10015

Wangsa, P. G., Suyana, I., Amalia, L., & Setiawan, A. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran inkuiri berbantu teknik TSTS (pada materi gerak lurus di SMAN 6 Bandung). Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(2), 27–31.

Widiastuti, E., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Crossword Puzzle Accounting (CPA) berbasis elektronik sebagai media pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XV(1), 40-53. https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14817

Zulfa, A. R., & Rosyidah, Z. (2020). Analysis of communication skills of junior high school students on classification of living things topic. Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 78–92.

Published
2021-07-26
Section
Articles