Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Moh Rizal Mustofa IAIN Ponorogo
  • Syaiful Arif IAIN Ponorogo
  • Atik Karomatus Sholihah MTS Ma'arif Al Mukarrom
  • Aristiawan Aristiawan IAIN Ponorogo
  • Arinta Windiyanti Rokmana IAIN Ponorogo
Keywords: Getaran, PBL, Kemampuan berpikir kritis, STEM

Abstract

Pemerintah saat ini memiliki cita–cita bisa meningkatkan keahlian siswa untuk menyongsong perkembangan Abad 21 yang menonjolkan kemampuan seperti berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi yang baik dan benar. Dengan demikian perlu peran seorang pendidik yang inovatif untuk merealisasikan cita-cita tersebut sehinga siswa memiliki kemampuan berpikir yang lebih pada dirinya. Sudah banyak sekali sekarang ini penelitian yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, tetapi masih belum bisa maksimal untuk semuanya. Hasil data yang diperoleh nilai rata-rata dari kelas kontrol sebesar 55,5 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 72. Sedangkan dari uji-t yang didapatkan P-Velue sebesar 0,000 maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran PBL basis STEM dengan siswa menggunakan model pembelajaran ceramah.

References

Carin, A.A. & Sund, R. . (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2023.

Davis, J. P., Du, J., Tang, J. H., Qiao, L., Liu, Y. Q., & Chiang, F. K. (2020). Uniformity, diversity, harmony, and emotional energy in a Chinese STEM classroom. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00232-5

Hidayati, N., Irmawati, F., & Prayitno, T. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Biologi Melalui Multimedia STEM Education. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 84–92. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.536

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Kustituanto, B., & Rudi Badrudin. (1994). Statistika 1 (Deskriptif) (p. 368).

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 202. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809

Nugraha, W. S. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep IPA siswa SD dengan menggunakan model problem based learning. Universitas Pendidikan Indonesia.

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89–96. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i2.1078

Sulistiono, E., & Rahayu, Y. S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Berorientasi Penyelesaian Masalah. Jurnal Pena Sains, 1(2), 46–55.

Widowati, A., & Belakang, A. L. (2010). Pengembangan Critical Thinking Melalui Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Sains. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 6(1), 84–89.

Zahro, R., & Pertiwi, F. N. (2021). Analisis Komparasi Ketrampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 23–33.

Published
2021-11-29
Section
Articles