Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ide guru IPA dalam melaksanakan praktikum di masa pandemi covid-19 dan upaya guru IPA dalam melaksanakan praktikum di masa pandemi covid-19 di MTsN 6 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 6 Ponorogo. Ada tiga guru IPA yang menjadi objek penelitian. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa ide guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19 yaitu dengan melaksanakan praktikum IPA secara sederhana dengan alat dan bahan yang ada di sekitar rumah peserta didik dan upaya guru IPA dalam melaksanakan praktikum IPA di masa pandemi covid-19 antara lain dengan memberikan penuntun praktikum secara jelas dan mudah dipahami peserta didik, mengadakan sesi waktu bertanya untuk peserta didik agar peserta didik dapat menanyakan hal terkait praktikum yang akan dilakukan, guru IPA memilihkan tema materi yang sesuai dengan kondisi saat ini, praktikum yang dilakukan tidak memberatkan peserta didik.
References
Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111
Al-amarat, M. S. (2011). The Classroom Problems Faced Teachers at the Public Schools in Tafila Province, and Proposed Solutions. International Journal of Educational Sciences, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.1080/09751122.2011.11890007
Andhini, N. F. (2017). hubungan antara kemampuan berfikir logis dan minat menulis dengan keterampilan menulis argumentasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Gunawan, Ahmad Harjono, Hairunnisyah sahidu, I. W. G. (2019). pelatihan pemanfaatan teknologi informasi bagi guru iipa fisika di lombok barat. Jurnal Pendidikan Dan Pengetahuan Masyarakat, 2(1).
Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan Praktikum Mandiri Dalam Bentuk Video Presentasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Komunikasi Lisan Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 328–339.
Ideas, N. (2007). The Process of Science : and its Interaction with Non-Scientific Ideas. In M. Bobrowsky (Ed.), Bobrowsky, M. 2007. The Process of Science and its Interaction with Non-Scientific Ideas. Washington: American Astronomical Society. Washington: American Astronomical Society.
Kilinc, A., & Aydin, A. (2013). Turkish Student Science Teachers’ Conceptions of Sustainable Development: A phenomenography. International Journal of Science Education, 35(5), 731–752. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.574822
Lestari, K. M. (2017) Desain didaktis pembelajaran konsep tekanan zat cair berdasarkan analisis hambatan belajar siswa kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia..
Mustabsyirah. (2017). Pengembangan media pembelajaran praktikum biologi berbasis video pada materi sistem pencernaan di kelas XI IPA MAN 2 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Repository UIN Alauddin Makassar.
Rembulan, C. N., & Susanti, L. Y. (2021). the Effect of Virtual Laboratory Implementation on the Science Literacy Ability of Class Viii Students on Material Force and Movement of Objects At Mts Negeri 1 Jember. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2715
Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13–27.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.