Efektivitas Model Pembelajaran PDEODE (Predict – Discuss – Explain – Observe – Discuss – Explain) Berorientasi pada Socio Scientific Issue terhadap Kemampuan Observasi Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PDEODE (Predict – Discuss – Explain – Observe – Discuss – Explain) yang berorientasi pada socio scientific issue terhadap kemampuan observasi peserta didik kelas VII di MTsN 4 Ponorogo. Instrumen penelitian ini adalah soal pilihan ganda ang diberikan setelah diterapkannya model pembelajaran PDEODE berorientasi pada socio scientific issue. Data dianalisis dengan uji-t menggunakan aplikasi Mini tab. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa P-value sebesar 0,00. Karena nilai P-value kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PDEODE berorientasi pada socio scientific issue cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan observasi peserta didik kelas VII di MTsN 4 Ponorogo.
References
Dewi, K., Artini, N. W., & Ristiani, N. (2013). Pengaruh model pembelajaran pdeode terhadap pada siswa kelas V SD Laboratorium Undiksha. Mimbar PGSD Undiksa, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1277
Hikmah, H. (2018). Penerapan model pembelajaran PDEODE (predict, discuss, explain, observe, discuss, explain) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs. Assa’adah Labuapi tahun pelajaran 2017/2018. UIN Mataram.
Pratama, P. R., Tapilouw, M., & Retnaningrum, E. (2013). Pengaruh penerapan metode guided discovey learning terhadap peningkatan kemampuan observasi matematis pada siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 11(2), 20–27.
Putri Nurindah Sari, E., & Niswatul Fauziah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbasis Petak Umpet Gambar Terhadap Keterampilan Berpikir Kontekstual Siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 17–22.
Raini, D., Rery, R. U., & Azmi, J. (n.d.). Implementation of learning model of cooperative PDEODE (predict discuss explain observe discuss explain) to improve student achievement on the balanced chemical subject in the class XI MIPA SMAN 3 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6 (1), 1–10.
Risamasu, P. V. M. (2017). Pembelajaran IPA menumbuhkan karakter siswa. Prosiding Revolusi Mental: Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039985
Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran berkonteks socio-scientific issues berbantuan media weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14
Salim, T. H. N., & Prasetyo, Z. K. (2018). Pengaruh pendekatan socio-scientific issues berbasis STEM terhadap literasi sains siswa. e-Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam - S1, 7(8), 262–267.
Siska, S., Triani, W., Yunita, Y., Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issues untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 22–32. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1490
Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51.
Widiantari, N. N., Syahruddin, H., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus V Kecamatan Seririt. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(: 2), 1–10.
Yusfa, Tria Del, Zulhemi, Z. (2017). Penerapan model pembelajaran PDEODE untuk meningkatkan kemampuan kognitif fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rengat. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–9.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.