Investigasi Kebiasaan Berpikir Analitis Melalui Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Isu Sosiosaintifik

  • Amalia Wahyu Septiningrum IAIN Ponorogo
  • Hanin Niswatul Fauziah IAIN Ponorogo
Keywords: Analitis; Berpikir; Instrumen; Sosiosaintifik;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan instrumen penilaian kebiasaan berpikir analitis berbasis isu sosiosaintifik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII di MTs Negeri 3 Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli, instrumen penilaian kebiasaan berpikir analitis berbasis isu sosiosaintifik layak untuk diuji cobakan. Hasil kelayakan produk setelah uji coba diperoleh kesimpulan bahwa produk kurang layak, hal ini dikarenakan lebih banyak item soal yang menunjukkan tidak valid, sehingga model fit juga tidak memenuhi syarat. Oleh karena itu untuk mendapatkan produk yang memenuhi kelayakan, peneliti melakukan perbaikan dan uji kedua. Selanjutnya, hasil reliabilitas instrumen menunjukkan 0,526 > Rtabel, artinya instrumen telah reliabel. Untuk hasil uji keefektifan yang ditinjau dari perbedaan hasil uji coba dan uji kedua menunjukkan bahwa instrumen telah efektif untuk digunakan. Begitu pula, dengan hasil uji kepraktisan yang telah memenuhi syarat bahwa instrumen telah praktis untuk digunakan. Instrumen penilaian kebiasaan berpikir analitis berbasis isu sosiosaintifik ini diharapkan instrumen dapat digunakan untuk membantu melatih dan mendiagnosis kemampuan berpikir analitis peserta didik, melihat pentingnya pengembangan instrumen ini ditinjau dari kebermanfaatan pendekatan isu sosiosaintifik dan kemampuan berpikir analitis yang digunakan untuk menemukan pemecahan masalah yang dihadapi peserta didik di masa yang akan datang.

References

Abduh, M. (2019). Panduan Penilaian Tes Tertulis. In Pusat Penilaian Pendidikan. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Abduh, M., & Pendidikan, T. P. P. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Pusat Penilaian Pendidikan.

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389.

Amalina, W. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Efikasi Diri Siswa SMP dalam Bentuk Tes Butir Soal pada Pembelajaran IPA. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, April.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru Ipa Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 66. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70

Astuti, D., Supriyanto, E., & Muthoifin, M. (2020). Model Penjaminan Mutu Ketercapaian Kompetensi Dasar Dalam Sistem Pembelajaran Online Pada Situasi Work From Home (Wfh). Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 129–139. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11655

Badriyah, N. L., Thamrin, A., & Nurhidayati, A. (2019). Analisis Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Bangunan. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(2), 93–102. https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i2.27780

Çalik, M., & Coll, R. K. (2012). Investigating Socioscientific Issues via Scientific Habits of Mind: Development and validation of the Scientific Habits of Mind Survey. International Journal of Science Education, 34(12), 1909–1930. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.685197

Dewi, N. P. S., Ardana, I. K., & Putra, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 113. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15389

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Tarbiyah, T. (2020). Buku Pedoman Penulisan Skripsi (Revisi 202). FATIK IAIN Ponorogo.

Gulacar, O., Zowada, C., Burke, S., Nabavizadeh, A., Bernardo, A., & Eilks, I. (2020). Integration of a sustainability-oriented socio-scientific issue into the general chemistry curriculum: Examining the effects on student motivation and self-efficacy. Sustainable Chemistry and Pharmacy, 15(February), 100232. https://doi.org/10.1016/j.scp.2020.100232

Haristo Rahman, M. (2020). Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 53. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022

Inayah, W. M. (2017). Social Adventure Games Berbasis Role Playing Game (RPG) Maker XP Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Materi Manusia, Tempat, Dan Lingkungan. E-Journal : Universitas Negeri Yogyakarta, 1–15. Game, Sumber Belajar, IPS

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296

Lissa, Prasetyo, A. P. B., & Indriyani, D. R. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi Dan Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Martaningsih, S. T., Maryani, I., & Fatmawati, L. (2015). Modul Pelatihan; Active Learning Guru SD dan Pelatihan Penilaian. Prodi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan.

Muğla, A. E.-Y. (2018). Advantages and Disadvantages of Socioscientific. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 5(2), 361–374.

Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).

Rahmawati, W., Ratnasari, J., & Suhendar, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Socioscientific Issues Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 124–132. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10150

Sadler, T. D., Chambers, F. W., & Zeidler, D. L. (2020). International Journal of Science Student conceptualizations of the nature of science in response to a socioscientific issue. International Journal of Science Education, 19(July 2013), 37–41. https://doi.org/10.1080/0950069032000119456

Saptarani, D. (2015). Penalaran Informal Mengenai Isu Sosio-Saintifik pada Jenjang Pendidikan SD, SMP, dan SMA. 1–8.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Vol. 10, Issue 2). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60

Sumaryatun, Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Berbasis Literasi Sains Pada Materi Bioteknologi. Journal of Primary Education, 5(1), 66–73.

Tipani, A., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Implementasi model PjBL berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir analitis siswa. Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education), 4(2), 70–76. http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1700

Widana, I. W., Adi, S., Abdi, J., Marsito, & Istiqomah. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Wijayanti, E., Rohaeti, E., Suyanta, & Irwanto, I. (2018). Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Kimia the Evaluation Instrument of Analytical Thinking and Science Process Skill in Chemistry Su .... Jurnall Kependidikan, 1(1), 100–110.

Yuwono ,Galih Rinekso; Sunarno, Widha; Siti Aminah, N. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Analitis pada Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ranah Pengetahuan. Edusains, 12(1), 106–112.

Published
2021-11-27
Section
Articles