Mereduksi Miskonsepsi Melalui Model Conceptual Change Berbasis STEM Education

  • Risma Ulinnuha Rohmah IAIN Ponorogo
  • Wirawan Fadly IAIN Ponorogo
Keywords: miskonsepsi; model conceptual change; pendekatan STEM education;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi miskonsepsi yang dialami siswa melalui penerapan pembelajaran dengan model conceptual change berbasis pendekatan STEM education. Miskonsepsi dapat berdampak serius pada pembelajaran individu yaitu memiliki 4 konsekuensi utama antara lain prestasi rendah, berdampak pada topik, psikologi siswa, dan masalah pengelolaan kelas. Metode yang dgunakan adalah kuantitatif dengan bentuk desain eksperimen yaitu menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan rancangan berupa Randomize Pretest Postest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Peneliti mengambil empat kelas yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah keseluruhan 100 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran conceptual change berbasis STEM education memiliki efektifitas yang lebih baik untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA daripada model konvensional.

References

Anggreani, M. (2019). Pengaruh Pendekatan STEM Terhadap Miskonsepsi Peserta Didik SMK pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik.

Ardyanti, N., & Nasrudin, H. (2014). Mereduksi Miskonsepsi Level Sub-Mikroskopik Dan Simbolik Pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Sma Negeri 1 Bojonegoro Melalui Model Pembelajaran Conceptual Change. Jurnal of Chemical Education, 3(2), 261–269.

Ayu Dewanti, L. (2017). Penerapan Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pdeode Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Perubahan Fisika Dan Perubahan Kimia Kelas Vii Smp. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 6(01).

Fadly, W. (2019). Validitas Model “Produksi” Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Untuk Mendukung Kurikulum 2013. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 145–158.

Hasanah, U. (2006). The Effectiveness of STEM Education for Overcoming Students’ Misconceptions in High School Physics: Engineering Viewpoint. Science Education International, 31(1), 5–13.

Itsna, M., & Mega, T. B. (2019). Miskonsepsi Siswa SMP dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar VAK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59–66.

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588

Mulyani, D. F., & Arif, S. (2021). Implementation of Project Based Learning (Pjbl) Based on Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) To Improve Metacognitive Thinking Ability. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 117–129. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2931

Munawaroh, R., & Setyarsih, W. (2016). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ( JIPF ) ISSN : 2302-4496 Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Alat Optik Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test Abstrak Riyadlotul Munawaroh , Woro Setyarsih Jurnal Inovasi Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 05(02), 79–81.

Nurulwati, N., Veloo, A., & Ali, R. (2014). Suatu Tinjauan Tentang Jenis-Jenis Dan Penyebab Miskonsepsi Fisika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(1), 87–95.

Pebrianti, D. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X Sman 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 150. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v2i1.296

Sari, M. W., & Nasrudin, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2), 315–324.

Septiana, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change Terhadap Peningkatan Habits Of Mind dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Biologi Kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Akrab Juara, 5(1), 43–54.

Taufiq, M., Muntamah, S., & Parmin, P. (2020). Remediation of misconception on straight line motion concept using guided inquiry model assisted by student worksheet based on science technology engineering and mathematics (STEM) on junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 42039.

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya. Journal Bio Educatio, 2(2), 50–58.

Published
2021-07-26
Section
Articles