Pemulihan Berpikir Kritis Peserta Didik Menggunakan Model Pictorial Riddle Dengan Pendekatan STEM
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan mencari mana yang lebih baik antara pembelajaran Pictorial Riddle dengan pendekatan STEM atau pembelajaran Konvensional pada Motivasi Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponororgo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain quasi eksperimen purposive sampling. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dalam penelitian ini sampel merupakan peserta didik kelas VIII A dan VIII B di MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Ponororgo yang berjumlah 43 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan soal sosio emosional yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil yang telah dianalisis, rendahnya nilai rata-rata yang terjadi pada sebelum dan sesudah semester dapat diamati di masing-masing 5 indikator berpikir kritis, dengan rata-rata nilai 49,9 dengan standard deviasi sebesar 6,3 indikator terendah terletak pada indikator klarifikasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pembelajaran Pictorial Riddle dengan Pendekatan STEM lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional dalam pemulihan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada indikator bertanya, menyimpulkan, memberikan alasan dan memperjelas. Model pembelajaran Pictorial Riddle dengan Pendekatan STEM dalam penerapannya menggunakan teka-teki bergambar dengan pokok permasalahan yang harus diselesaikan, model dan pendekatan ini sesuai dengan perkembangan modernisasi dunia.
References
Aan Ardian dan Sudji Munadi. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Centered Learning dan kemampuan Spasial. Junal Pendidikan Ilmiah, 3(Juni), 454–466.
Depdikbud. (2013). Permendikbud nomor 19 tahun 2003 Standar.Nasional.Pendidikan. Jakarta: Departemen Pen¬didikan dan Kebudayaan.
Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(May), 203. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3518
Fadly, Wirawan. (2020). Looking at a Portrait of Student Argumentation Skills on the Concept of Inheritance (21st Century Skills Study). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, I (1): 17–33.
Hidayati, K. (2020). Comparison of Science Learning Outcome Between Using and Do Not Using Picture Media on State Islamic Elementary Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 69. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2092
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(October), 34–42.
Sari, Y., & Kustijono, R. (2018). Keefektifan metode pictorial riddle untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(january), 43–48.
Sinuray, M. G. dan J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle dan Berpikir Kritid Terhadap Hasil Belajar Fisika SMAN 12 Medan T.P 2015/2016. Junal Pendidikan Sains Indonesia, 3(May), 23.
Sugiyono. 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Surtriyanti, E., Panjaitan, R. L., Sudin, A., & Study, C. T. (2017). Pengaruh Model Metode Pembelajaran Pictorial Riddle. Journal of Primary Education, 2(july), 331–340.
Widya Sukmana, R. (2018). Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (Stem) Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(April), 189. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.798
Yani, Ahmad, dkk, (2018), Efektivitas Pendekatan STEM dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo, Jurnal Biologi Science & Education, 7(1). 4.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(June), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.