Implementasi Booklet pada Materi Kingdom Fungi dengan Pendekatan Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Daya Tarik Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas VIII

  • Azzahro Maulida IAIN Ponorogo
  • Anggi Yunita sholikhah IAIN Ponorogo
  • Mar'atus Soliha IAIN Ponorogo
Keywords: booklet, kearifan lokal, kingdom fungi

Abstract

Booklet merupakan suatu media pembelajaran dengan penyajian materi yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan bahan ajar, sehingga memudahkan peserta didik dalam menyimpan dan membawanya. Pembuatan booklet berbasis kearifan lokal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap kearifan lokal yang pada masa kini semakin minim dikaji dalam pendidikan. Selain itu, materi fungi yang berbasis teori, mendukung pembuatan booklet guna meningkatkan daya tarik peserta didik dalam mempelajari materi fungi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas booklet pada materi kingdom fungi kelas VIII SMP/MTs dengan menerapkan metode R & D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan, yaitu 3 D (Define, Design, and Develop) di mana tahap tersebut untuk menguji validitas dari booklet. Validitas booklet dilakukan oleh 4 ahli media pembelajaran dan difokuskan pada aspek konten, tampilan, bahasa, penggunaan serta penyajian dari booklet tersebut. Booklet hasil rata-rata nilai validasi 2,96 dan 3,07 dengan kategori baik serta butuh perbaikan, kemudian 3,27 dan 3,34 dengan kategori sangat baik tanpa perbaikan.

References

Arwita, W., Simatupang, Z., & Oktavianingsih, O. (2020). Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Berbasis 6 Tugas untuk Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pelita Pendidikan. https://doi.org/10.24114/jpp.v7i4.16749

Asyhari, Ardian, dan Helda Silvia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 05 (01), 1-13.

Dirman, Nufus, H., & Juarsih, C. (2014). Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik : Dalam rangka Implementasi Standar Proses Pendidikan Siswa. Rineka Cipta.

Harahap, I.A., Helendra, dan Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VIII SMP. Jurnal Bioedukasi, vol 4(2).

Ikhsan, M. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Dan Korelasinya Dengan Disposisi Berpikir Kritis Siswa Di Sma Negeri 2 Labuapi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, vol 3(3).

Lia, R.M., Udaibah W., dan Mulyatun. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains Dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan. Unnes Science Educatioal Journal, 5 (3), 1418-1423.

Pamungkas, Aji, Bambang Subali, dan Suharto Lunuwih. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 3 (2), 118-127. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Paramita, Ratna, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, dan Eka Ariyanti. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2 (2), 83-88. https://jurnal.unsyiah.ac.id/jipi

Probowati, A., Gofur, A., & Lukiati, B. (2020). Analisis Kebutuhan untuk Pengembangan Bahan Ajar Fisiologi Hewan dan Manusia pada Jurusan Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13586

Putro, S. D. K., Umie Lestari, D., & Lukiat, B. (2016). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan Berbasis Penelitian Metamorfosis Ulat Sutera Bombyx Mori L. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian Dan Pengembangan

Reni Anggraeni, A. Y. L. S. (2018). Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability of Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i2.4428.

Rukmana, H. I., Syamswisna, S., & Yokhebed, Y. (2018). Kelayakan Media Booklet Submateri Keanekaragaman Hayati kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).

Safruddin, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu untuk Pembentukan Karakter Siswa SMP Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1188

Sepriadi, I., Sumarmin, R., & Fitri, R. (2018). Development of Animal Comic Media (Anicom) Oriented with Contextual Approach for Grade X Students. Bioeducation Journal. https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.103

Simamora, R. S. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. JurnalKomunikasi Pendidikan, 2(2). diakses dari alamat Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113

Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester Ii Kelas X SmaBerbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, vol. 6(1).

Wahyuni, E. S., dan Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, vol 8(1).

Published
2022-11-29
Section
Articles