Telaah Buku Teks IPA Kurikulum K-13 dan KTSP Ditinjau dari Kelayakan Isi, Kebahasaan, dan Sajian

  • Fahri Eka Ramadhani IAIN Ponorogo
  • David Martinez Ministry of education and science, Asuncion, Paraguay
Keywords: Buku Teks, Kelayakan Isi, Kebahasaan, Sajian, Sistem Reproduksi

Abstract

Berdasarkan hasil literatur yang didapat bahwa terdapat beberapa ketentuan yang harus ada didalam buku teks yang baik. Apabila terdapat kekurangan didalamnya, sudah tentu buku teks tersebut perlu direvisi demi kelancaran dalam proses mengajar. Dalam suatu buku teks Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA juga seharusnya terdapat beberapa kegiatan yang mengharuskan siswanya untuk berpikir secara kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan isi, penggunaan bahasa, dan kesesuaian sajian pada buku teks IPA KTSP dan K-13 materi sistem reproduksi pada manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitiannya adalah buku teks ilmu pengetahuan alam materi sistem reproduksi pada manusia SMP kelas 9. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi, serta memulai telaah kesalahan dan kebenaran konsep dalam buku teks tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya masih ada beberapa kesalahan kecil yang terdapat pada buku teks KTSP dan K-13 terutama pada bagian kebahasaan dan sajian. Namun dari keseluruhan telaah dan perbandingan yang ada, buku teks K-13 lebih layak daripada buku teks KTSP sebagai bahan ajar IPA SMP.

References

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).

Cochrane, H., & Devlin, J. (2000). Heinemann Science Links (S. Woollett (ed.)). Malcolm Parsons.

Estiningtyas, N. N. (2015). Analisis Kesesuian Buku Ajar Tema Indahnya Kebersamaan kelas IV SD dengan Kurikulum 2013. Trirahaayu, 1(3).

Kemendikbud. (2016). Permendikbud 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Jakarta, 1, 5.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Permata.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Pendidikan, B. S. N. (BSNP). (2006). Instrumen Penilaian Tahap I Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.

Sanaky, A. H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba.

Tarigan. (1986). Telaah Kurikulum dan Buku Teks. Angkasa.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Kencana.

Wasis, & Irianto, S. Y. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas IX (B. Agung & U. Sri (eds.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Pangestuti, A. A., Puspitasari, D. R., Mahfudhillah, H. T., Robitah, A., Kurniawati, Z. L., Rosyida, F., & Sholihah, M. (2018). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX Semester 1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Published
2022-11-29
Section
Articles