Terampil Membuat Kesimpulan Melalui Model Inkuiri Berbasis Science Education for Sustainable Development
Abstract
Perkembangan dalam ranah pendidikan saat ini lebih menuntut peserta didik untuk berperan aktif. Keterampilan proses siswa berperan penting dalam hal ini, salah satunya yaitu keterampilan menyimpulkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model inkuiri dengan pendekatan SESD lebih efektif dari pada model konvensional dalam meningkatkan kemampuan membuat kesimpulan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif true experimental dengan desain pretest- posttestcontrol group desaign. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik MTs Darul Huda kelas VII T (eksperimen) berjumlah 31 orang dan kelas VII Z2 (kontrol) berjumlah 28 orang. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, serta pengumpulan data yakni berupa observasi dan soal tes. Hasil penelitian menjunjukkanbahwa indikator membuat kesimpulan dengan pencapaian tertinggi yaitu membuat kesimpulan secara deduktif dengan nilai N- gain 0,71 termasuk kategori tinggi. Sedangkan membuat kesimpulan secara induktif menjadi indikator dengan ketercapaian terendah dengan nilai N- gain 0,46 termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan model inkuri dengan pendekatan SESD lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membuat kesimpulan peserta didik.
References
Agustien, R., & Umamah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS ( The Development of Two Dimensional Animation Video of Pekauman Website as Instructional Media With Addie Model in. Jurnal Edukasi, 5(1), 19–23.
Ariyanti, E., Fadly, W., Anwar, M. K., & Sayekti, T. (2021). Analisis Kemampuan Membuat Kesimpulan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Education for Sustainable Development Info Artikel ABSTRAK. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 99–107. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Brundiers, K., Wiek, A., & Redman, C. L. (2010). Real-World Learning Opportunities In Sustainability: From Classroom Into The Real World. International Journal of Sustainability in Higher Education, 11(4), 308–324. https://doi.org/10.1108/14676371011077540
Fiknuria, O. H. (2021). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks. Jurnal Edukasi, 7(4), 1362–1367. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1466
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40.
Hamidah, U. N., & Mubarak, F. A. (2020). Analysis of Students’ Ability to Making Conclusions in Learning of Static Electricity. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/insecta
Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Energi Bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60.
Jegstad, K. M., & Sinnes, A. T. (2015). Chemistry Teaching For The Future: A Model For Secondary Chemistry Education For Sustainable Development. International Journal of Science Education, 37(4), 655–683. https://doi.org/10.1080/09500693.2014.1003988
Kurnianto, P., Dwijananti, P., Negeri, S., Semarang, K., Jurusan Fisika, I., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2010). Pengembangan Kemampuan Menyimpulkan Dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Fisika Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 6–9. http://journal.unnes.ac.id
Kurniawan, A. D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 8–11.
Murni, W. (2017). Penerapan Metode Penelitian Kuantitatif (p. 4). UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pratiwi, I. I., Fany, A., Wijaya, C., & Ramalis, T. R. (2019). Penerapan PBL Dengan Konteks ESD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, VIII, 1–8.
Santosa, R. H. (2014). Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar , Rasa Ingin Tahu , dan Kemampuan Penalaran Matematis The Effects of Inquiry Method on the Basic Competency Achievement , Curiosity , and Mathematical Reasoning Skill. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 196–204.
Sunarya Amijaya, L. dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar MIPA, 13(2), 94–99.
Supriatna, N., Romadona, N. F., Saputri, A. E., Darmayanti, M., & Indonesia, U. P. (2018). Implementasi Education For Sustainable Development (Esd) Melalui Ecopedagogy Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Primaria Education Journal, 1(2), 80–86.
Wahab, J. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. CV Pustaka Reka Cipta.
Wuryani, T., & Clarentina, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Membuat Kesimpulan Dari Informasi Yang Didengar Melalui Metode Inkuiri. In Jurnal Manajemen Pendidikan (Vol. 9, Issue 1). http://unnes.ac.id/berita/hasil-un-bahasa-indonesia-belum-memuaskan/
Yasmin, N. dk. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Di Smpn 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pijar MIPA, 10(1), 69–75.
Jurnal Tadris IPA Indonesia allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions, also the owner of the commercial rights to the article is the author.