Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

  • Muhammad Zulqarnain IAIN Ponorogo
  • Ulum Fatmahanik IAIN Ponorogo
Keywords: Pemecahan Masalah, Kontekstual, Gaya Belajar

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah kontekstual adalah salah satu kemampuan siswa yang harus dikembangkan dalam pembelajaran karena berkaitan dengan kehidupan nyata. Penyebab perbedaan kemampuan siswa salah satunya adalah perbedaan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah kontekstual yang dimiliki oleh siswa yang bergaya belajar belajar visual, auditori dan kinestetik kelas VII di MTs Darul Huda Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket gaya belajar siswa, lembar tes soal pemecahan masalah kontekstual dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa 1) Siswa yang bergaya belajar visual dapat menguasai dengan baik indikator memahami masalah, merencana pemecahan masalah, melaksana rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil yang ditemukan. 2) Siswa yang bergaya belajar auditori tidak dapat memahami masalah dengan baik, cenderung dapat merencana pemecahan masalah, dapat melaksana rencana pemecahan masalah dengan baik dan cenderung tidak memeriksa hasil yang ditemukan. 3) Siswa bergaya belajar kinestetik dapat memahami masalah dengan baik, cenderung dapat merencana pemecahan masalah, dapat melaksana rencana pemecahan masalah dengan baik dan cenderung tidak memeriksa hasil yang ditemukan.

References

Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538

Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatika, 1(2), 35–42. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/182

Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082.

Christiani, F. L., & Surya, E. (2017). Analisis Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segi Empat. Journal on Mathematics Education, 55–60. https://www.researchgate.net/profile/Friska-Christiani/publication/320322339_Analisis_Model_Pembelajaran_Kontekstual_Terhadap_Kemampuan_Pemecahan_Masalah_Matematika_Pada_Materi_Segi_Empat/links/59dd9b37aca272b698e2282d/Analisis-Model-Pembelajaran-Kontekst

Dwi Putra, H., Fathia Thahiram, N., Ganiati, M., Nuryana, D., Studi, P., Matematika, P., Siliwangi, I., Jenderal, J. T., Cimahi, S., Kunci, K., Pemecahan, K., Matematis, M., & Siswa, P. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm

Ernawati, E., Hadaming, H., Ramdani, R., & Ardhillah, A. (2019). Profil Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 14–22. https://doi.org/10.33387/dpi.v8i2.1374

Erwina, E., Jamal, M. A., & Hartini, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Transferring (REACT). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 122. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i2.753

Fajriyati Afdila, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal LEMMA, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3383

Fatmahanik, U. (2018). Pola Berfikir Reflektif Ditinjau Dari Adversity Quotient. Kodifikasia, 12(2), 275. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i2.1525

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Firdaus, H. P. E. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) II, Knpmp Ii, 501–511.

FITRI, N. M. A., Adhirakasiwi, A., & Utami, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Smp dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Prosiding Sesiomadika, 1(1a)., 1, 295–302.

Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353–364. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.510

Fitriyati, I., et al. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34. http://journal2.um.ac.id/index.php/ e-ISSN:

Harahap, N. H. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Manbarumun …. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/768

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14(1), 20–29.

Mufarihah, N., Yuliastuti, R., & Nurfalah, E. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 50. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p50-61

Nurfitriani, C. D., & Qohar, A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL HIMPUNAN. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5(2), 38–45.

Pembelajaran, P., Terpadu, I. P. A., Smp, D. I., & Implementasi, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp Menjelang Implementasi Kurikulum 2013. Lembaran Ilmu Kependidikan, 43(1), 25–31.

Purba, D., Zulfadli, & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Mathematic Education Journal, 4(1), 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 7(1), 52–61.

Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smk Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330

Rianto, V. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(7), 194562.

Sapti, M. (2019). Deskripsi Metakognisi Siswa Dalam Memahami Materi Matematika ditinjau Dari Gaya Belajar. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.

Setiana, N. P., Fitriani, N., & Amelia, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Trigonometri Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 908. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.899-910

Sholikhah, A. A., & Dr. Ismail, M. P. (2018). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK Amelia. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 518–525.

Tentang, S., Pembelajaran, P., Kontribusinya, D. A. N., Hasil, T., Ipa, B., Smp, D. I., & Kota, M. T. S. (2012). Kompetensi Profesional, Pedagogik Guru Ipa, Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran, Dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Smp/Mts Kota Banjarbaru. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(1). https://doi.org/10.15294/ijcet.v1i1.127

Utami, N. K. R., Suadnyana, I. N., & Meter, I. G. (2014). Pengaruh Model Meaningfull Instructional Design Bermuatan Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA di SD Negeri 1 Renon. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Wahju andjariani, E. (2020). Profil Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Stkip Pgri Sidoarjo Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.51836/je.v4i2.87

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakansoal cerita matematika materi aritmatika sosial ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165–190.

Yustitia, V., & Juniarso, T. (2020). Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100–109. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5044

Zahrah, R. F. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Masalah Kontekstual Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 119–126. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4229

Published
2022-11-29
Section
Articles