EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN LEATURING METHOD DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

  • Isnaini Nasrul Mukminin Student
  • M Widda Djuhan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Leaturing Method, PBL, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Kualitas pembelajaran salah satunya ialah dilihat dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Salah satu masalah yang ditemui  kurangnya inovasi pembelajaran yang dipakai oleh seorang pendidik. Dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. hal tersebut membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran. Berangkat dari masalah tersebut peneliti mencoba meneliti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Leaturing method dan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model Leaturing Method dan Problem Based Learning. Dan mengetahui perbedaan signifikansi hasil belajar dari penerapan dua model pembelajaran tersebut apabila diterapkan. Keunggulan model Problem Based Learning yakni siswa dituntuk untuk menggali lebih mendalam pengalaman belajarnya untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah ditetapkan atau disajikan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen denngan pendekatan kuantitatif, dimana peneliti mencoba mengetahui perbandingan dari hasil belajar siswa kelas VIII apabila memakai dua model  tersebut.

Hasil belajar siswa  saat pembelajaran IPS dengan menggunakan model  Problem Based Learning menunjukkan dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 80. Hasil belajar siswa saat pembelajaran IPS dengan menggunakan model Leaturing Method menunjukkan dalam kategori cukup baik dengan rata nilai 71.Pada perhitungan diatas nilai Sig (2 –tailed) 0.48 > 0.05 maka tidak ada perbedaan yang jauh antara hasil belajar kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II.

Kata Kunci : Leaturing Method, PBL, Hasil Belajar

Published
2024-01-15
How to Cite
Isnaini Nasrul Mukminin, & M Widda Djuhan. (2024). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN LEATURING METHOD DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4(1), 21-31. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i1.2806
Section
Articles