IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam setiap pembelajaran. Sesuai dengan peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pendidikan karakter dijadikan Platform Pendidikan Nasional untuk membekali para siswa dengan jiwa Pancasila dan akhlak yang baik untuk menghadapi perubahan zaman di masa depan (Pasal 2). Seperti di salah satu SMP di Ponorogo ini menerapkan pembelajaran IPS dengan mengimplementasikan pendidikan karakter didalamnya. Tujuan dengan adanya penelitian ini adalah agar peneliti bisa mengetahui secara langsung program Implementasi Pendidikan Karakter melalui pembelajaran IPS di kelas VIII C salah satu SMP di Ponorogo. Terdapat tiga teknik pengumpulan data dalam penelitian yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan pada penelitian ini adalah orang yang memiliki wewenang dibidang yang penulis teliti yaitu Kepala Sekolah, Guru IPS dan beberapa Peserta Didik. Kemudian untuk menganalisis hasil peneliti menggunakan teknik analisis teknik analisis data Miles dan Huberman, dengan proses pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh data bahwa upaya pengimplementasian pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS dikelas VIII C di SMP Ponorogo dibentuk dengan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, memberi teladan terhadap disiplin waktu dan aturan sekolah, selalu mengecek kehadiran siswa, memberi perhatian yang sama kepada siswa lainnya, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat, membagi kelompok diskusi dengan acak, dan membiasakan siswa untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Jadi dapat disimpulkan pengimplementasian pendidikan karakter di SMP Ponorogo ini berjalan dengan maksimal.
Copyright (c) 2024 Mita Suryanti, Khoirun Nikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.