PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

  • Dewi Tri Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Risma Dwi Arisona Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Model TGT, Media Visual dan Audio Visual

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran TGT dan penggunaan media visual dan audio visual dalam pengembangan bahan ajar IPS pada materi letak Astronomis, Geografis, dan Geologis di kelas VII A SMPN 2 Jetis. Keduanya memiliki peran penting dalam proses pembelajaraan saat ini. Baik penerapan model TGT ataupun penerapan media  visua seperti foto dan audio visual seperti video. Metode kualitatif digunakan dengan pengamatan langsung dan dokumentasi sebagai pendekatan untuk mengeksplorasi dampak model TGT terhadap keterlibatan siswa dan efektivitas media visual serta audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi. Penggunaan media visual dan audio visual memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman siswa, memudahkan pemahaman konsep, dan meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Meskipun menghadapi tantangan, seperti ketidakfokusan beberapa siswa, strategi face to face dan gertakan terbukti sebagai solusi yang efektif. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pengembangan bahan ajar dan penerapan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di tingkat SMP.

 

Author Biography

Dewi Tri Wahyuni, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

ABSTRAK

Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran TGT dan penggunaan media visual dan audio visual dalam pengembangan bahan ajar IPS pada materi letak Astronomis, Geografis, dan Geologis di kelas VII A SMPN 2 Jetis. Keduanya memiliki peran penting dalam proses pembelajaraan saat ini. Baik penerapan model TGT ataupun penerapan media  visua seperti foto dan audio visual seperti video. Metode kualitatif digunakan dengan pengamatan langsung dan dokumentasi sebagai pendekatan untuk mengeksplorasi dampak model TGT terhadap keterlibatan siswa dan efektivitas media visual serta audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi. Penggunaan media visual dan audio visual memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman siswa, memudahkan pemahaman konsep, dan meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Meskipun menghadapi tantangan, seperti ketidakfokusan beberapa siswa, strategi face to face dan gertakan terbukti sebagai solusi yang efektif. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pengembangan bahan ajar dan penerapan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di tingkat SMP.

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Model TGT, Media Visual dan Audio Visual

Published
2024-01-18
How to Cite
Wahyuni, Dewi Tri, and Risma Dwi Arisona. 2024. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS ”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (1), 76-84. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i1.2773.
Section
Articles