PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran TGT dan penggunaan media visual dan audio visual dalam pengembangan bahan ajar IPS pada materi letak Astronomis, Geografis, dan Geologis di kelas VII A SMPN 2 Jetis. Keduanya memiliki peran penting dalam proses pembelajaraan saat ini. Baik penerapan model TGT ataupun penerapan media visua seperti foto dan audio visual seperti video. Metode kualitatif digunakan dengan pengamatan langsung dan dokumentasi sebagai pendekatan untuk mengeksplorasi dampak model TGT terhadap keterlibatan siswa dan efektivitas media visual serta audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi. Penggunaan media visual dan audio visual memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman siswa, memudahkan pemahaman konsep, dan meningkatkan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Meskipun menghadapi tantangan, seperti ketidakfokusan beberapa siswa, strategi face to face dan gertakan terbukti sebagai solusi yang efektif. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pengembangan bahan ajar dan penerapan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di tingkat SMP.
Copyright (c) 2024 Dewi Tri Wahyuni, Risma Dwi Arisona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.