PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SISWA

  • Rizha Nurhayanti Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Khoirun Nikmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: mind mapping, kreativitas, keterampilan

Abstract

Kreativitas dan keterampilan adalah sebuah aspek pending dalam kegiatan belajar mengajar. Artikel ini membahas tentang bagaimana penerapan media mind mapping sebagai alat agar meningkatkan kreativitas dan keterampilan peserta didik kelas VII D di SMP Negeri 6 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara observasi di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping dalam kegiatan belajar mengajar dikalas memang dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan peserta didik. Para peserta didik yang terlibat ketika penggunaan  media mind mapping ini menunjukkan peningkatan dalam memahami dan mengelola informasi dengan lebih baik, selain itu juga mengembangkan  ide-ide yang  kreatif. Hal ini membuat potensi positif mind mapping di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penggunaan media mind mapping dapat digunakan sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan peserta didik. Media tersebut memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan sangat berguna di lingkungan sekolah.

Published
2024-01-10
How to Cite
Rizha Nurhayanti, and Khoirun Nikmah. 2024. “PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SISWA ”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (1), 1-10. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i1.2649.
Section
Articles