PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU

  • Nurul Mufidah Istikomah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Yudi Krisno Wicaksono UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Kata kunci: Aplikasi TikTok, pengaruh, motivasi belajar

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam maupun dari luar diri seseorang yang menyebabkan seorang individu bertindak atau berbuat untuk mencapai suatu tujuan guna mengharapkan terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kedungwaru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif, melibatkan 35 siswa dari kelas VIII F sebagai subyek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien regresi dari hasil uji regresi linier sederhana 0,448, dan nilai sig = 0,019 (0,019< 0,05) sehingga dapat dikatakan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Persentase pengaruh penggunaan aplikasi TikTok terhadap motivasi belajar siswa sebesar 15,5%, sedangkan 84,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Published
2024-01-18
How to Cite
Nurul Mufidah Istikomah, and Yudi Krisno Wicaksono. 2024. “PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU”. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 4 (1), 67-75. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i1.2344.
Section
Articles