MENGUBAH MINDSET GURU MENJADI GURU PENGGERAK MERDEKA BELAJAR

  • Moh. Agus Muzakki Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Naila Salsabila Maulana Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Cahya Riyanto Nugroho Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Alfi Hidayah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Misroh Sulaswari Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Mindset, Guru Penggerak, Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya mengubah mindset guru dalam peran mereka sebagai penggerak merdeka belajar bagi siswa. Perubahan ini menjadi sangat penting mengingat perkembangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam menghadapi perubahan sosial, ekonomi dan teknologi yang begitu cepat. Peneliti menggunakan studi literatur. Melalui studi literatur, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana mengubah mindset guru agar menjadi penggerak merdeka belajar yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mindset guru memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang merdeka. Guru yang memiliki mindset positif terhadapĀ  perubahan, berfikiran terbuka, dan berorientasi pada hasil belajar siswa cenderung menerapkan pendekatan merdeka belajar secara efektif, memberdayakan siswa, dan mendorong kreativitas serta pemecahan masalah.

Published
2024-01-17
How to Cite
Moh. Agus Muzakki, Naila Salsabila Maulana Wahyudi, Cahya Riyanto Nugroho, Alfi Hidayah, & Misroh Sulaswari. (2024). MENGUBAH MINDSET GURU MENJADI GURU PENGGERAK MERDEKA BELAJAR. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4(1), 56-66. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v4i1.2254
Section
Articles