Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Metode Mimikri Menghafal Berbantu Media Flashcard

  • Uli Fuadiah IAIN Ponorogo
  • Agus Tri Cahyo
Keywords: mimikkri menghafal, kosakata, flashcard

Abstract

Metode mimikri menghafal (mim-mem) merupakan metode yang cocok digunakan, yakni dalam proses menghafal. Selain itu untuk menambah guru juga membutuhkan alat bantu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata, maka dipilihlah media kartu flashcard. Yang mana penggunaan media tersebut menjadikan suasana pembelajaran menjadi lebih seru, menarik, dan tidak membuat jenuh siswa saat pembelajaran berlangsung. Kedua komponen pembelajaran tersebut diterapkan di kelas IV Al-Hakim MIN 3 Ponorogo.

       Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan langkah-langkah metode mimikri menghafal berbantu media flashcard untuk meningkatkan penguasaan koasakata dalam pembelajaran bahasa Arab, (2) mendiskripsikan kekurangan dan kelebihan metode mimikri menghafal berbantu media flashcard untuk meningkatkan penguasaan koasakata dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian kali ini peneliti menerapkan model Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan  kelas adalah proses pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis,  artinya dilakukan secara bertahap melalui beberapa siklus. Sumber data dari siswa kelas IV Al-Hakim MIN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022.

                Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa setelah penerapan langkah-langkah metode mimikri menghafal berbantu media flashcard pemahaman siswa terhadap kosakata meningkat. Dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluai siswa dari siklus I sampai siklus III, adapun nilai rata-rata siklus I sangat rendah yaitu 36,19. Nilai rata-rata siklus II naik menjadi 67, dan pada siklus III rata-rata mencapai 80,4 dengan predikat baik sekali. Melihat dari hasil evaluasi tersebut dapat di simpulkan bahwa, penerapan metode mimikri menghafal (mim-mem) mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab kelas IV di MIN 3 Ponorogo.

Published
2022-08-25
How to Cite
Uli Fuadiah, & Cahyo, A. T. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Metode Mimikri Menghafal Berbantu Media Flashcard. AL-THIFL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 33- 42. https://doi.org/10.21154/thifl.v2i1.974